Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat

226

Harianpost.co.id – Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat. Boleh dikatakan jantung sebagai alat kehidupan yang sangat penting. Tanpa jantung, darah tidak bisa beredar ke seluruh tubuh. Semua orang pasti ingin jantungnya sehat, kuat dan terawat. Karena jantung adalah organ tubuh yang sangat penting, anda harus menjaga dan merawatnya. Maka dari itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara merawat dan menjaga jantung agar tetap sehat.Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat

Banyak sekali Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat. Jantung bekerja seumur hidup kita tanpa berhenti, jadi kita harus merawatnya supaya tetap bekerja secara normal. Jika jantung anda kurang terawat jangan salahkan siapa-siapa jika jantung anda mengalami gangguan dari berbagai macam penyakit. Ada banyak sekali penyakit yang bisa menyerang jantung, antara lain jantung koroner, jantung rematik, gagal jantung dan lain sebagainya.

Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat

  1. Berikan vitamin D dengan porsi yang cukup untuk tubuh. Caranya yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, mungkin sekitar jam 6 hingga jam 8 pagi. Setelah jam ini sinar matahari akan terasa akan terasa sedikit menyengat.
  2. Jangan terlalu mempekerjakan jantung untuk bekerja terlalu keras. Aktifitas berolahraga yang berat seperti futsal memaksa jantung untuk bekerja lebih berat dari biasanya.
  3. Berolahragalah secara teratur dan jangan terlalu berat. Olahraga yang bisa dilakukan misalnya berjalan cepat selama 30 menit.
  4. Hindari depresi dan stress. Berpikirlah semampunya saja dalam menghadapi masalah hidup. Jangan terlalu memikirkan sesuatu yang mungkin berada di luar kemampuan kita. Ingat Allah tidak memberikan ujian kepada makhlhuk di luar batas kemampuannya.
  5. Makanlah makanan yang sehat. Sayuran dan buah-buahan mentah lebih baik dari pada sayur dan buah yang telah dimasak atau diolah. Namun ingat jika memakan sayur atau buah mentah, perhatikan zat-zat seperti pestisida yang menempel atau mungkin lilin yang berada pada kulit buah apel.
  6. Hinadri minuman yang tidak sehat. Hentikan atau kurangi konsumsi alkohol, kafein dan minuman bersoda. Cobalah mengkonsumsi teh hijau tanpa gula, karena teh hijau dipercaya memiliki anti oksidan yang tinggi.
  7. Jangan mengkonsumsi garam terlalu berlebihan. Kelebihan kadar garam bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Dan ini sangat buruk sekali untuk jantung anda.
  8. Hindari obesitas atau kegemukan. Banyak sekali penyakit yang mengancam orang dengan berat badan berlebih. Maka dari itu makanlah seperlunya saja. Sebaiknya anda menggunakan slogan, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  9. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Tubuh manusia memerlukan setidaknya 2 liter air per hari. Air yang dimaksudkan di sini adalah air segar yang murni,bukan air yang mengandung gula atau bahan lainnya.

Demikianlah Cara Merawat Jantung Agar Tetap Sehat, tetaplah hidup secara sehat. Insyallah jantung anda akan tetap sehat. Bila perlu rutinlah melakukan cek up terhadap jantung secara berkala.

Komentar

Loading...