Cegah penuaan dini pada 5 bagian tubuh yang paling cepat menua ini

Cegah penuaan dini pada 5 bagian tubuh yang paling cepat menua ini

166

Pada dasarnya menjadi semakin tua adalah proses alamiah yang sudah pasti akan dialami oleh setiap orang, siapapun dan bagaimanpun orang itu. Sekeras apapun usaha kita untuk bisa tetap muda adalah hal yang sangat mustahil bahkan tidak pernah terjadi.

cegah penuaan dini
5 bagian tubuh yang rawan akan penuaan dini

Hanya saja, masalah penuaan bisa kita perlambat. Terlebih lagi jika masalah penuaan itu terjadi pada waktu yang tidak tepat atau ketika seseorang masih dalam usia yang relatif muda yang mana orang menyebutnya sebagai penuaan dini.

Tak jarang kita dengar orang-orang yang bahkan rela untuk melakukan operasi plastik hanya karena tidak ingin terlihat tua, toh pada akhirnya mereka juga akan tetap berkeriput alias tua.

Pertanyaannya, bagian tubuh mana sih yang sering mengalami penuaan? Atau, bagian tubuh mana saja yang paling cepat mengalami penuaan dini?

Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana juga cara merawatnya?

Ini yang akan kita bongkar sampai tuntas.

Mata

Hampir semua aktifitas yang dilakukan sesesorang itu selalu melibatkan mata. Itu wajar, sebab mata memang adalah jendela kita untuk melihat dunia. Seringnya mata yang terlibat pada segala aktifitas seseorang itulah yang menjadi faktor utama penyebab mata menjadi bagian tubuh paling rawan dengan penuaan dini.

Membaca buku, melihat monitor, tertawa hingga menangis mata selalu ikut mengekspresikan segala yang terjadi bersama organ tubuh lainnya.

Tanda-tanda awal terjadi penuaan pada bagian mata biasanya akan diawali dengan sering munculnya kantung mata. Jika hal itu dibiarkan berlarut-larut, tak butuh waktu lama bagi area sekitar mata anda akan menua.

Bagaimana cara mencegahnya?

Yang jelas jangan terburu-buru untuk melakukan operasi. Cukup istirahat mata ketika rasa lelah pada mata sudah mulai terasa, jangan dipaksa. Seperti pada umumnya, kita perlu sekali untuk mengistirahatkan mata selama 8 jam dalam sehari.

Bibir

Ngaku saja, anda akan lebih memilih untuk melapisi bibir dengan lipstick dari pada merawatnya dari dalam. Benar tidak? Perlu kita tahu bahwasannya kulit pada bagian bibir itu sangat tipis sekali. Sama halnya dengan mata, bibir seringkali kita libatkan dalam berbagai macam aktifitas sehari-hari.

Melapisinya dengan lipstick agar terlihat lebih merona memang perlu, akan tetapi merawatnya secara alami akan menjadi hal yang lebih penting lagi.

Contoh, memperbanyak vitamin C akan bisa mencegah timbulnya bibir kering. Contoh yang lebih gampang lagi untuk dilakukan adalah dengan memperbanyak senyum.

Jangan pernah meremehkan senyuman, asalkan anda tersenyum di “waktu yang tepat” itu akan menyehatkan. Banyak orang yang sudah membuktikan selalu tersenyum akan menjadikan orang itu awet muda, anda boleh membuktikannya sendiri.

Satu lagi yang penting untuk diperhatikan, jangan terlalu serin membasahi bibir dengan lidah.

Mengapa? Percaya atau tidak, membasahi bibir dengan lidah hanya akan membuat bibir anda akan bertambah semakin kering sebab kandungan enzim yang terdapat pada air ludah di lidah.

Leher

Tak usah berpura-pura lagi sok perhatian terhadap kulit leher anda. Dari ujung kulon sampai ufuk timur nyaris jarang sekali orang yang memperhatikan kesehatan kulit di bagian ini. Padahal, untuk sekedar catatan saja bahwa ketebalan kulit bagian leher ini lebih tipis dari pada kulit bagian tubuh yang lain, kecuali bibir.

Dan sudah pasti bahwa kulit yang tipis itu sangat rentan sekali dengan penuaan.

Untuk merawatnya, anda bisa memakai pelembab sesering mungkin ketika hendak beranjak tidur. Jika kulit leher anda terlihat mulus, bukan tidak mungkin anda akan percaya diri memakai pakaian sesuka hati anda tanpa pilih-pilih kostum mana yang bisa menutupi leher.

Tangan

Nah untuk bagian tubuh yang satu ini memang sudah banyak yang tahu kalau tangan merupakan anggota tubuh yang mempunyai aktifitas paling keras dan paling sering bersentuhan dengan zat-zat yang bisa saja membahayakan kesehatan kulit.

Mencuci pakaian, mencuci piring, memasak, atau bahkan ketika kita kepasanan di bawah terik sinar matahari pun tak jarang kita menutupi wajah dengan tangan kita. Iya kan? Ngaku saja.

Baca juga: Cara Menjaga Kehamilan Usia Muda Untuk Menghindari Keguguran

Itu artinya kita dengan rela hati membiarkan kulit tangan kita terkena sinar UV secara langsung yang bisa menyebabkan kulit pada bagian tersebut rawan kekeringan. Namun demikian, kadang kita selalu memberikan perawatan rutin pada tangan dengan memberikan pelembab dengan perlindungan UV.

Itu cukup sebagai ganti rugi telah memaksa tangan anda sebagai pelindung wajah di bawah terik sinar matahari, dan itu memang seharusnya kita lakukan pada kulit tangan kita untuk mencegah penuaan dini.

Lutut

Kita pasti sering melihat lutut seseorang itu terlihat lebih hitam dari pada kulit yang lain. Itu karena kulit pada lutut tergolong kulit yang paling cepat kering dan kulit yang paling kasar. Sadar atau tidak, cepatnya kulit bagian lutut mengalami penuaan itu dikarenakan karena naik turunnya berat badan seseorang.

Jadi, dengan menjaga berat badan tetap ideal maka itu artinya anda juga sekaligus menjaga kulit lutut anda dari penuaan.

Komentar

Loading...