Penyebab Penyakit Susah Tidur Pada Single Mom

Penyebab Penyakit Susah Tidur Pada Single Mom

152

Selain menyenangkan dan membahagiakan, menjadi orang tua ternyata juga penuh dengan perjuangan plus tantangan. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kehidupan seseorang akan bisa berubah 180 derajat setelah mereka menikah dan status mereka berganti menjadi orang tua. Itu hal yang wajar, justru jika status kita sudah menjadi orang tua dan kebiasaan kita masih sama seperti saat masih remaja itu yang tidak normal.

sebab penyakit susah tidur
Sebab-sebab penyakit susah tidur pada single mom

Sebagai orang tua pasti tanggung jawab itu menjadi semakin berat dari pada saat seseorang masih bujang, bahkan terkadang tanggung jawab itu bisa lebih berat lagi jika seseorang harus merangkap peran sebagai ayah sekaligus ibu rumah tangga, atau bahkan sebaliknya, ibu yang merangkap sebagai ayah.

Dalam hal ini, orang-orang sering menyebutnya sebagai “single mom”. Tidak tahu apa itu single mom? Janda.

Peran single mom jauh lebih berat dari pada peran single father. Dari fisik hingga cara mereka berpikir saja sudah jelas pria akan jauh lebih kuat dan lebih inovatif. Oleh karena itulah mengapa kebanyakan single mom sering kali mengalami penyakit susah tidur.

Nah ini yang akan kita bahas, jadi baca terus ya.

U.S Centers of Diseases Control dan Prevention’s National Center for Health Statistic beberapa waktu yang lalu telah melakukan survey pada semua single mom yang ada di amerika dan hasilnya sangat mengejutkan, hampir 70 persen single mother mengalami gangguan tidur yang sangat serius.

Gangguan tidur seperti apa?

Menurut pengakuan mereka, gangguan tidur yang sering dialami adalah insomnia. Lainya lagi mengaku bahwa ketika tiba tengah malam mereka seringkali terbangun dan parahnya mereka susah untuk tidur kembali hingga pagi hari.

Lantas apa penyebabnya?

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang berperan sebagai single mom, hormon mereka akan jauh lebih kompleks. Ketika wanita menstruasi atau menopause, maka saat itulah hormon mereka akan selalu berubah-ubah dan itulah yang ikut menjadi penyebab mereka susah tidur, dan levelnya bisa sangat parah.

Bahkan ditambah lagi, seorang psikolog dari Ohio State University mengatakan selain karena faktor fisik dan hormon, buruknya kualitas tidur seorang single mom bisa disebabkan karena keadaan psikis yang tidak stabil dan pikiran yang stress.

Hal itu bisa datang dari susahnya merawat anak dan mencukupi kebutuhan mereka seorang diri. Dari mulai mengurus kebutuhan dapur, biaya anak sekolah, bekerja mencari uang, dan lain sebagainya. Bagi seorang wanita, keadaan seperti itu sangatlah tidak nyaman dan penuh tantangan. Lainnya halnya dengan seorang single father.

Jangan tanya apa yang menyebabkan mereka menjadi single mom, sudah pasti kalau bukan karena perceraian mungkin juga karena suami mereka sudah meninggal. Jadi, jika di sekeliling kalian ada wanita seperti itu, sudah sepantasnya mereka mendapatkan dukungan dari kita.

Komentar

Loading...