Manfaat Dan Bahaya Kerokan Yang Kamu Wajib Tahu

Manfaat Dan Bahaya Kerokan Yang Kamu Wajib Tahu

183

Bagi sebagian orang, kerokan atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut Scraping of Back itu menjadi aktifitas pengobatan ringan yang banyak sekali membawa manfaat pada kesehatan terutama untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan sepeti pusing, mual, masuk angin atau mungkin perut kembung.

kerokan
Kerokan diyakini ampuh menyembuhkan berbagai penyakit ringan – via ibu-hamil.web.id

Dan biasanya kerokan ini dilakukan dengan meggunakan uang koin yang dibantu dengan balsem atau minyak kayu putih untuk melicinkan permukaan tubuh yang ingi dikerok. Hal itu berujuan agar kulit seseorang tidak terluka. Nah dari efek balsem dan minyak kayu putih itulah sebenarnya rasa hangat itu timbul setelah kerokan.

Dari familiarnya kerokan itu, ternyata masih banyak juga hal-hal atau fakta yang ternyata belum kita ketahui. Jika dari anda ada yang belum pernah melakukannya, berikut ini akan penulis tunjkkan manfaatnya terlebih dahulu bagi kesehatan tubuh.

Mingkatnya zat endorphin pada tubuh

Rasa nyaman setelah melakukan kerokan, akan sering kita rasakan karena tubuh terasa lebih hangat. Akan tetapi ternyata ada penyebab lain yang membuat seseorang merasa lebih nyaman, yaitu kadar endorphin dalam tubuh telah meningkat dengan drastis.

Baca juga: Bahaya Olah Raga Ketika Sedang Marah

Perederan darah menjadi lancar

Lancarnya peredaran darah itu tibul karena adalnya pelebaran pada pembuluh darah itu sendiri. Seorang Profesor bernama Didik telah menemukan fakta lain tentang kerokan bahwasannya aktifitas yang satu ini ternyata mampu menurunkan prostagladin di dalam tubuh seseorang. Perlu diketahui bahwa prostagladin adalah senyawa yang menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri dan pegal pada tubuh.

Poin-poin di atas adalah manfaatnya, dan sekarang kita akann bahas bahaya dari kerokan

Bisa menyebabkan kontraksi dini

Ketika seseorang kerokan maka tubuh seseorang akan mengalami yang namanya infamasi, inilah yang dipermasalahkan nantinya. Di dalam tubuh seseorang akan terjadi penolakan terhadap infamasi tersebut yang akan berujung pada keluarnya zat Cytokines dari dalam tubuh manusia. Jika zat Cytokines seseorang keluar dan semakin berkurang itu artinya kekebalan tubuhnya akan berkurang secara drastis.

Zat cytokines juga akan mampu membuat prostagladin dalam tubuh untuk keluar yang itu akan mengkibatkan kontrasi di dalam rahim. Jika demikian, maka sudah pasti wanita hamil sangat dilarang melakukan kerokan.

Kerokan akan picu bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh

Logikanya, ketika seseorang dikeroki, maka secara otomatis pori-pori kulitnya juga akan terbuka. Hal itu timbul karena adanya gesekan yang terus menerus pada kulit seseorang, ketika itulah angin akan mudah masuk ke dalam tubuh dengan membawa berbagai macam bakteri dan virus dari lain tempat.

Bakteri dan virus ini memang tidak akan memberikan efek secara langsung, akan tetapi secara perlahan tergantung dari jenis bakteri dan virusnya.

Bayangkan saja jika kita melakukannya sering, maka sudah pasti pori-pori kita juga akan semakin sering terbuka dan melebar yang akan berakibat juga pada semakin seringnya bakteri dan virus itu masuk ke dalam tubuh kita.

Tidak perlu beralasan lagi kalau kita hanya akan melakukannya sekali saja, kerokan ini akan memberikan efek ketagihan yang sangat kuat sekali. Efeknya benar-benar luar biasa, namun ternyata dibalik semua itu ada beberapa hal-hal yang mengerikan juga. Jadi perlu kiranya kita berhati-hati dan jangan terlalu sering kerokan.

Komentar

Loading...