Terungkap! Fitur Rahasia iPhone Yang Selama Ini Dirahasiakan

Terungkap! Fitur Rahasia iPhone Yang Selama Ini Dirahasiakan

275

Jika kita tidak jeli, pasti kita juga tidak akan pernah sadar bahwasannya pada iPhone seseorang bisa dengan mudah menjangkau bagian sisi keyboard hanya dengan menggunakan satu tangan saja. Dan sebenarnya iPhone diam-diam telah menyembunyikan fitur rahasia di dalamnya.

fitur rahasia iPhone
Fitur rahasia iPhone akhirnya terbongkar – via applenews.weebly.com

Akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan smartphone dengan layar lebar yang mana secara otomatis akan membuat penampilan keyboard-nya juga semakin lebar dan ukurannya besar agar sesuai dengan lebar layarnya.

Itu juga berdampak pada seseorang yang memiliki ukuran telapak tangan kecil, sudah pasti mereka akan kesulitan bisa menjangkau sisi keyboard yang layarnya lebar.

Nah, itulah alasan mengapa google yang bekerja sama dengan Microsoft membuat aplikasi keyboard untuk memudahkan pengguna agar bisa menggunakannya dengan memakai satu tangan.

Baca juga : Fitur Terbaru Google Chrome, Performa Lebih ‘Kenceng’

Jauh sebelum google dan Microsoft menerapkan metode tersebut, Apple sejatinya sudah lebih dulu melakukan hal serupa hanya saja mereka sengaja tidak membocorkannya pada pelanggan. Yang menjadi pertanyaannya sekarang adalah mengapa mereka harus merahasiakannya?

Tepatnya pada tanggal 21 Oktober 2016 lalu, salah seorang developer teknologi mengungkapkan rahasia itu di akun twitternya.

Ketika itu ia melihat ada sebuah kode pada Apple iOs simulator yang berfungsi sebagai penunjang keyboard satu tangan. Apple iOS simulator adalah sebuah program mampu membantu seseorang untuk menguji bahkan mampu melakukan debug aplikai iOS pada hardware lainnya.

Ia juga sempat mengatakan bahwa fitur tersebut sebenarnya sudah ada ketika peluncuran pertama iOS 8 pada tahun 2014 yang lalu.

Hanya dengan menggeserkan kursor ke arah kiri dan kanan atau bisa juga sebaliknya untuk bisa mengakitfkannya. Aplikasi terserbut juga bisa digunakan untuk memotong, meng-copy plus melakukan paste dalam ukuran yang besar.

Sementara itu, iOS 8, iPhone 6 dan juga iPhone 6 plus yang merupakan smartphone pertama yang menggunakan layar 5.5 inci telah diluncurkan secara bersamaan.

Dan jika kita lihat layarnya yang lebar, sudah pasti wajar jika saja perusahaan asal Amerika Serikat itu mendesain keyboard mereka sedemikian rupa hingga cocok dengan pengguna yang memiliki ukuran tangan dan jari yang lebih kecil, dan yang pasti pendek.

Akan tetapi anehnya, sampai sekarang pihak Apple sendiri belum pernah sekalipun mengungkapkan penggunaan fitur tersebut sekalipun mereka sudah tahu bahwa Troughton-Smith sudah membeberkan semuanya. Entah mereka sekalian saja menunggu Troughton-smith yang bicara atrau bagaimana masih belum juga diketahui secara pasti.

Namun demikian, dari penjelasan yang sudah dibeberkan oleh Troughton, setidaknya masyarakat sudah mengetahui bahwa Apple memang menggunakan fitur tersebut.

Komentar

Loading...