Produksi ASI Tertunda? Ini Penyebab Utamanya

Produksi ASI Tertunda? Ini Penyebab Utamanya

145

Semua ibu pasti tahu bahwa ASI adalah satu-satunya makanan terpenting bagi bayi yang baru saja lahir. Dikatakan penting sebab ASI membawa banyak sekali manfaat bagi perkembangan bayi dan juga kesehatannya. Akan tetapi bagaimana jadinya jika ASI tersebut tidak kunjung keluar sedangkan bayi sudah harus segera disusui?

pnyebab produksi ASI tertunda
Salah satu penyebab produksi ASI tertunda adalah melahirkan bayi pertama – via liputan6.com

Ketika itu terjadi, banyak ibu-ibu yang harus rela mencari seseorang yang bisa dan sudi menyusui bayi mereka, namun di jaman sekarang ini sepertinya akan sulit. Bahkan terkadang mereka yang sudi itupun masih meminta persyaratan, yang tak lain adalah duit.

Proses persalinan sudah keluar duit, ingin memberikan ASI pada bayi juga harus keluar duit.

Tak perlu risau dan galau.

Ladies, ada baiknya kita kenali dulu apa penyebab dari ASI yang tertunda itu. Ada banyak penyebabnya, sedangkan dari semua penyebab tertundanya ASI itu akan berlangsung terus menerus.

Dari pada penasaran, langsung saja berikut inilah penyebab produksi ASI tertunda.

Sebab melahirkan bayi pertama

Masalah produksi ASI yang tertunda itu sangat sering sekali dialami oleh ibu-ibu yang baru saja melahirkan anak pertama mereka., ketika itu ASI mereka memang banyak yang mengalami keterlambatan.

Secara normal, hal ini akan terjadi hingga 5 hari setelah masa melahirkan, setelah 5 hari biasanya payudara ibu sudah terisi oleh susu secara penuh. Tidak perlu risau hal ini akan terjadi ketika anda melahirkan anak untuk yang kedua kalinya, sebab ketika kelahiran anak kedua biasanya ASI akan cepat keluar. Akan tetapi jika tertundanya ASI ketika melahirkan anak pertama itu terjadi lebih dari 5 hari anda bisa langsung mengkonsultasikannya pada dokter. Biasanya setiap ibu akan berbeda-beda masa tertundanya ASI tersebut.

Karena proses persalinan atau proses kelahiran yang sulit

Kondisi stress ketika anda mengalami proses persalinan yang sulit juga bisa berdampak pada tertunda prduktivitas ASI. Selain itu juga karena penggunaan anestesi dan pitocin ketika anda kesulitan melahirkan anak, hal itu bisa membuat produksi ASI menjadi lebih lambat.

Karena proses kelahirannya melalui operasi Caesar

Sadar atau tidak, ketika anda memilih jalan untuk operasi Caesar tubuh anda akan mengalami stress sekalipun anda melakukannya dengan suka rela. Ketika itulah tubuh anda akan butuh waktu lebih lama untuk bisa memproduksi ASI.

Karena faktor pada bayi yang kurang mampu saat menyusu

Dalam hal ini kenyamanan bayi menjadi perhatian khusus penyebab terganggunya inisiasi ASI. Kenyamanan bayi yang dimaksud bisa datang dari lidah bayi yang kurang normal atau juga karena kondisi puting si ibu, bisa terlalu datar, terlalu besar atau bahkan mungkin terbalik.

Karena penyakit diabetes yang diderita oleh ibu

Seorang ibu yang menderita penyakit diabetes butuh waktu yang lama sekali untuk bisa memproduksi ASI. Hati-hati, ini bisa semakin parah jika si ibu yang menderita diabetes itu sering malakukan operasi Caesar.

Karena terjadinya masalah pada hormonal

Ibu yang melahirkan dan sedang memiliki masalah pada hormone hipotiroidisme juga menjadi penyebab seringnya seorang ibu mengalami prduktivitas ASI yang tertunda. Untuk masalah ini, tak ada cara lain selain meminta anjuran pada dokter yang bersangkutan.

Karena masalah obesitas

Inilah mengapa anda perlu memperhatikan berat badan ketika sebelum program hamil atau ketika masa kehamilan, sebab meningkatnya berat badan yang berlebihan menjadi penyebab yang paling banyak dialami oleh ibu-ibu tentang produksi ASI yang tertunda. Wajar, sebab ketika hamil biasanya seorang ibu akan doyan sekali makan.

Karena adanya sisa-sisa plasenta yang masih tertinggal di dalam perut

Hormon yang berfungsi untuk memproduki ASI akan terhambat karena adanya sisa-sisa plasenta yang masih tertinggal di dalam perut. Jika masalah ini menimpa anda, segera lakukan pembersihan.

Karena adanya kista tekalutein

Masalah kista ini biasanya akan selalu terjadi pada ibu-ibu ketika melahirkan, tapi anda tidak perlu panik. Sebab kista ini akan hilang sendiri hanya saja waktunya lumayan lama, sampai berminggu-minggu. Kista ini biasanya timbul karena diproduksi oleh hormon testosterone dan dapat menunda produksi ASI.

Itulah beberapa penyebab utama produksi ASI tertunda. Masalah ini serngkali disepelekan oleh kebanyakan ibu-ibu, padahal bayi yang baru lahir dan yang tanpa asupan ASI dengan segera, sangat rawan sekali terkena penyakit serius seperti penyakit kuning, dehidrasi tinggi, dan juga berat badannya turun dengan drastis dan dalam jangka waktu sangat singkat.

Jadi jangan pernah sepelekan masalah tertundanya ASI

Komentar

Loading...