3 Penyebab Utama Seseorang Alami Buta Warna

3 Penyebab Utama Seseorang Alami Buta Warna

194

Harianpost.co.id – Penyakit buta warna merupakan penyakit di mana seseorang tidak mampu memberikan persepsi tentang warna dengan benar, akibatnya orang yang menderita penyakit buta warna ini sudah pasti tidak akan bisa membedakan warna yang satu dengan warna lainnya. Jika dilihat dari grafik survey untuk penyakit buta warna ini hasilnya memang tidaklah banyak, di seluruh dunia hanya 0.5 persen dari wanita yang mengalami gangguan persepsi warna ini, sedangkan untuk laki-laki sedikit lebih banyak, yaitu sekitar 9 persen.

penyebab-buta-warna
Siapa saja bisa alami buta warna – via alodokter.com

Para penderita buta warna kebanyakan akan mengalami kesulitan ketika dihadapkan dengan warna merah, hijau atau warna gabungan dari keduanya. Selain merah dan hijau ternyata ada juga penderita buta warna pada warna-warna mencolok lainnya seperti biru, akan tetapi penderita buta warna biru ini sangat jarang sekali ada.

Apakah mungkin seseorang yang memiliki mata normal nantinya bisa mengalami buta warna?

Mungkin saja, jika kita mau meneliti lebih dalam lagi akan kita temukan banyak sekali benyebab seseorang menderita kebutaan pada warna. Proses mata seseorang menjadi buta terhadap sebuah warna itu dikarenakan adanya gangguan saraf pada otak.

Sedangkan gangguan saraf tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, ada banyak sekali. Oleh sebab itulah mata orang yang normal bisa saja dengan mudah akan menjadi buta pada warna. Akan tetapi diantaranya banyaknya faktor-faktor penyebab tersebut yang paling bisa membuat orang menjadi buta warna ada 3.

Karena Kecelakaan atau mengalami benturan keras di area sekitar mata

Benturan-benturan yang terjadi ketika seseorang mengalami kecelakan sangat memungkinkan orang tersebut akan menjadi buta warna jika otakya mengalami cedera akibat benturan tersebut. Itu disebabkan karena pengolahan warna di dalam otak menjadi terganggu oleh otak yang cedera atau sering disebut sebagai stroke otak.

Jadi, jika dari anda baru saja mengalami kecelakaan dari mengalami benturan di bagian kepala baik parah maupun ringan, baiknya cepat periksakan kondisi otak anda untuk memastikan tidak adanya gejala gangguan buta warna.

Tidak terdapat sel kerucut pada mata seseorang

Setiap manusia sudah pasti memiliki retina pada mata mereka, soal itu semua sudah pada tahu. Hanya saja kita mungkin belum banyak yang tahu bahwa di dalam retina tersebut terdapat 2 macam sel, diantaranya adalah sel kerucut dan sel batang. Kedua sel tersebut terletak di bagian tengah mata dan kita sering menyebutnya dengan makula. Sedangkan sel yang bertugas untuk menampilkan objek secara detail termasuk warna adalah sel kerucut.

Perlu diketahui lagi bahwa sel kerucut ini juga masih dipecah-pecah menjadi 3 jenis lagi, yang mana dari masing-masing jenis sel kerucut ini nanti mempunyai tugas sendiri-sendiri, namun yang pasti masih dalam lingkup yang sama yaitu tentang visual ketiga jenis sel kerucut ini juga sama-sama menerima gelombang cahaya dari luar.

Jika salah satu dari ketiga sel tersebut mengalami gangguan maka itu sudah bisa dipastikan bahwa orang tersebut juga akan mengalami gangguan pada penerimaan warna benda-benda di sekitarnya. Sebab seseorang bisa melihat benda itu disebabkan karena pantulan cahaya ke mata seseorang.

Karena faktor keturunan

Jika di dalam lingkungan keluarga seseorang banyak yang mempunyai sejarah gangguan mem-persepsikan warna, maka kemungkinan seseorang juga akan menderita buta warna sangat besar sekali. Bahkan pengaruhnya bisa mencapai angka 80 persen. Bicara soal penyakit turunan, yang paling banyak mewarisi gen bawaan orang tuanya adalah anak laki-laki.

Jadi ketika seseorang melahirkan anak laki-laki dan si orang tua mengalami kelainan mata yang membuatkanya buta dengan warna, hampir bisa dipastikan bahwa anak laki-laki yang baru saja dilahirkan itu juga akan membawa kelainan yang sama. Apa sebabnya? Karena kromosom X akan mudah terbawa oleh anak laki-laki, dan pada kromosom X itulah kelainan genetik tertempel.

Bisa dikatakan tidak mudah untuk bisa menyembuhkan buta warna, sebab gangguan kesehatan yang satu ini sungguh sangat sulit untuk bisa sembuh secara total. Parahnya, jika tidak bisa sembuh total gangguan ini suatu saat bisa kembali lagi jika kita tidak melakukan terapi secara rutin setiap hari.

Komentar

Loading...