Menyembuhkan Cantengan Dengan Cara Yang Lebih Sehat Dan Alami

Menyembuhkan Cantengan Dengan Cara Yang Lebih Sehat Dan Alami

272

Harianpost.co.id – Ketika seseroang mendapatkan rasa sakit yang teramat sangat di bagian sekitar kuku, itulah cantengan. Entah itu kuku jari kaki atau juga kuku jari tangan, dan biasanya cantengan selalu dibarengi dengan munculnya nanah pada permukaan kulit. Itu disebabkan karena kulit tersebut mengalami luka akibat dari kuku yang tajam, sedangkan kuman yang berada di dalam kuku itu akan dengan mudah masih melalui luka tersebut yang akhirnya mengakibatkan terjadinya infeksi.

cantengan
Cara menyembuhkan cantengan dengan bahan-bahan alami – via maraisehat.com

Luka itu biasanya disebabkan karena pemotongan kuku yang kurang rapi atau kurang sempurna hingga bagian tepinya jadi tajam, atau bisa juga disebabkan karena seseorang mempunyai kebiasaan menggigit kuku dan hasil gigitan itu menjadikan bentuk kuku tidak rapi dan tajam yang berujung bisa melukai kulit.

Jika hal itu dibiarkan saja, maka efek cantengan itu akan semakin membengkak, memerah dan timbul nanah. Kalau sudah begitu rasa sakitnya akan sangat menyiksa sekali, bahkan bisa memberikan efek meriang pada tubuh seseorang. Semakin dibiarkan lama, maka efeknya juga akan semakin parah hingga jari kaki atau tangan bisa membusuk. Jadi jangan pernah menganggap enteng penyakit cantengan ini.

Maka dari itu anda perlu mengobatinya sesegera mungkin, dan akan lebih baik lagi jika anda memanfaatkan bahan-bahan alami untuk menyembuhkannya. Selain jauh dari bahan kimia, obat-obat tradisional itu juga terbukti manjur alias mujarab.

Apa saja obat-obat alami untuk cantengan itu?

Gunakan air jeruk lemon

Jeruk lemon biasanya digunakan para wanita untuk memutihkan kulit mereka sebab banyak mengandung vitamin C, dan ternyata jeruk lemon juga sangat ampuh untuk menyembuhkan cantengan. Mengapa? Selain mengandung vitamin C, jeruk lemon diketahui juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi plus antiseptic yang pastinya sangat berguna sekali mengatasi masalah-masalah kulit lainnya salah satunya cantengan itu.

Akan lebih baik lagi jika air jeruk lemon ini digunakan untuk menyembuhkan cantengan yang sudah lama. Caranya anda tinggal mengoleskan ke bagian permukaan kulit tempat munculnya cantengan tersebut, untuk hasil yang lebih baik, tekanlah sedikit untuk mengeluarkan nanahnya, lalu oleskan.

Gunakan garam dengan air hangat

Ini termasuk cara klasik untuk mengobati cantengan, tapi masih terbukti ampuh. Rendamlah bagian kaki atau tangan anda yang cantengan itu pada air hangat yang sudah dicampur dengan garam tersebut kira-kira sekitar 10 hingga 15 menit lamanya. Garam ini nanti yang akan mengusir segala bakteri di dalam kuku dan juga permukaan kulit yang cantengan.

Gunakan minyak pohon teh

Dari jaman nenek moyang, pohon teh memang sangat berguna sekali bagi kesehatan kulit, entah itu untuk sekedar perawatan atau bahkan untuk mengobati, salah satunya ya untuk mengobati cantengan itu. Minyak pohon teh ini memiliki kandungan hebat yang bernama desinfektan yang mampu menghilangkan dan membasmi segala jenis bakteri kulit. Caranya hampir sama seperti jeruk lemon tadi, tinggal mengoleskan minyak pohon teh ini pada permukaan kulit yang cantengan. Anda bisa mengoleskannya dengan bantuan kapas atau cuttonbut.

Jika anda tidak puas dengan hanya mengoleskannya, anda bisa meneteskan minyak pohon teh tersebut pada kain kasa kemudian membalutkannya di bagian kulit yang cantengan, biarkan selama beberapa jam.

Gunakan cuka sari apel

Cuka sari apel biasanya digunakan untuk menyembuhkan segala jenis penyakit dalam, akan tetapi ternyata cuka sari apel ini juga terbukti ampuh untuk pengobatan luar. Salah satu penyakit luar yang mampu diobati oleh cuka sari apel ini adalah cantengan. Cara menggunakannya juga masih sama seperti bahan-bahan di atas tadi, yaitu dengan cara dioleskan.

Itulah beberapa obat alami yang mampu menyembuhkan penyakit cantengan yang bisa kita dapatkan dengan mudah di tempat-tempat sekitar kita. Ada beberapa obat alami lagi yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan cantengan, hanya saja kelima bahan di atas adalah yang paling manjur digunakan.

Komentar

Loading...