Selain Kolestrol, Ini Bahaya Santan Bagi Kesehatan

Selain Kolestrol, Ini Bahaya Santan Bagi Kesehatan

153

Harianpost.co.id – Sudah menjadi hal wajar jika di setiap tempat memiliki jenis masakan yang berbeda-beda. Bahkan walaupun masih berada dalam satu negara dan iklim sekalipun terkadang masakan mereka sudah berbeda-beda. Indonesia memang terkenal sebagai negara tropis yang banyak sekali menghasilkan rempah-rempah, hal itu membuat masakan-masakan di indoensia ini juga sangat beragam. Namun yang pasti berbedakan masakan itu nyatanya juga tidak berpengaruh pada perbedaab bahan-bahan masakannya.

bahaya masakan santan
Selain kolestrol, santan juga memicu datangnya penyakit jantung koroner – via noninaospray.com

Bahannya tetap sama, tapi rasanya beda. Mereka juga sama-sama menggunakan cabe, menggunakan bawang merah dan bawang putih, atau mungkin tetap menggunakan santan. Nah penggunaan santan disinilah yang akan kita bahas.

Dengan menggunakan santan, biasanya rasa masakan memang menjadi lebih gurih. Kuah masakan yang bersantan juga lebih terasa nikmat sekali. Untuk masakan opor ayam, kare, gule, soto dan lain-lainnya pasti menggunakan santan yang kental sekali.

Tapi tahukah kita bahwa ternyata santan tersebut tidak baik bagi kesehatan jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan? Sebenarnya apapun makanan itu jika dikonsumsi secara berlebihan sudah pasti tidak baik bagi kesehatan. Akan tetapi untuk santan, jangankan dikonsumsi berlebihan, sekalipun kita mengkonsumsinya secara wajar dalam satu hari tapi rutin setiap hari bisa sangat buruk efeknya.

Tidak percaya? Penyakit-penyakit di bawah ini bisa timbul karena masakan-masakan yang mengandung santan, dan ini bukan sekedar mengada-ada.

Mudah mengalami gangguan pencernaan

Seringnya mengkonsumsi santan bisa sangat rawan mengalami gangguan pencernaan karena kandungan minyak dan lemaknya. Lemak dan minyak ternyata tidak hanya berdampak pada kolestrol, tetapi juga pada pencernaan. Lemak tak jenuh yang dihasilkan dari santan akan mengakibatkan rasa yang tidak nyaman dan bahkan sampai kembung.

Jika ini sering terjadi, maka lambung tidak menutup kemungkinan bisa mengalami penyakit-penyakit kronis lainnya.

Menyebabkan iritasi pada tenggorokan

Gangguan iritasi pada tenggorokan parah bisa dialami oleh seseorang jika orang tersebut terlalu sering mengkonsumsi santan setiap harinya. Kita mungkin pernah mengalami radang tenggorokan, dan sadar atau tidak itu disebabkan juga oleh banyaknya lemak yang menempel pada tenggorokan kita. Tenggorokan tersebut sifatnya sangat sensitif sekali.

Memicu penyakit jantung

Anda pasti sedikit mengrenyitkan dahi membaca efek mengkonsumsi santan yang ini, dan anda pasti tidak pernah menyangka sebelumnya. Sadar atau tidak, santan bisa dengan mudah menyebabkan seseorang mengalami gejala penyakit jantung.

Jangan dikira kolestrol hanya membuat seseorang kegemukan, atau mungkin stroke saja. Kolestrol dalam tubuh seseorang akan dengan mudah memicu timbulnya penyakit jantung koroner dengan cara membentuk plak-plak pada setiap pembuluh darah sehingga hal itu otomatis akan menghambat peredaran darah. Dan itu akan bisa menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung jika plak-plak tersebut juga menempel pada arteri koroner jantung. Sedangkan kesempatan untuk bisa menempel di tempat tersebut kemungkinannya sangat besar sekali.

Mengkonsumsi santan itu perlu, sebab tubuh juga membutuhkan lemak. Akan tetapi ada baiknya jika kita mengkonsumsinya tidak setiap hari. Kita bisa menggantikan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh itu dengan mengkonsumsi makanan lainnya yang juga mengandung lemak.

Komentar

Loading...