Gejala Mata Juling Dan Cara Menyembuhkannya

Gejala Mata Juling Dan Cara Menyembuhkannya

128

Harianpost.co.id – Mata juling dalam bahasa medisnya sering disebut dengan Strabismus dimana kondisi kedua mata seseorang tidak sejajar atau tidak berada di tempat yang sama, gangguan mata juling bisa dialami oleh siapa saja bahkan anak kecil bisa terkena gangguan kesehatan mata yang satu ini.

Gejala mata juling
Gejala mata juling dan cara mengobatinya – via okezone.com

Mata juling terjadi ketika seseorang mengalami gangguan pada pengendalian otot-otot mata. Sementara seseorang yang mengalami gangguan rabun dekat kemungkinan mengalami gangguan mata juling akan lebih besar. Kondisi mata mereka akan terlihat aneh, kedua bola mata mereka tidak memandang kea rah yang sama, satu lurus satu lagi kea rah lain. Itulah mata juling.

Selain kondisi mata juling dia atas, ada juga beberapa macam jenis mata juling lainnya, seperti mata juling konvergen yaitu mata juling dengan posisi kedua bola mata mengarah ke dalam semua. Dan ada juga divergen yaitu kondisi kedua boal mata mengarah keluar.

Mata juling terjadi tidak secara tiba-tiba, bahkan terjadinya mata juling bisa berawal ketika seseorang masih berusia kanak-kanak atau balita.

Lantas bagaimana saja gejala mata juling?

Dari seluruh kasus mata juling yang terjadi di indoensia, 96 persen gangguan mata juling terjadi ketika seseorang tersebut masih berusia kanak, yang mana itu artinya anak sangat berpotensi besar mengalami gangguan mata juling. Gangguan mata juling itu akan diawali dengan sulitnya seorang anak mengkoordinasi kedua matanya.

Usia anak-anak biasanya memang seringkali mengalami penglihatan yang agak kabur, Karena itulah mereka kebanyakan akan mencoba untuk mengatasinya sendiri dengan cara memiringkan kepala, menutup salah satu matanya, agar penglihatan mereka kembali normal. Akan tetapi hal itu jika dilakukan setiap hari atau sering bisa menibulkan mata juling.

Namun terkadang, kita akan sering melihat bayi atau balita keturunan Tionghoa mata mereka akan tampak seperti mata juling. Itu disebabkan karena faktor keturunan Mongoloid atau mereka sering menyebutnya dengan lipatan kulit pada mata.

Apakah mata juling pada balita bisa disembuhkan?

Jawabannya bisa, bahkan akan sangat dianjurkan mata juling untuk segera diobati sedini mungkin sebelum terlambat dan susah untuk disembuhkan. Mata juling yang terjadi begitu lama dan ketika penderita itu sudah berusia dewasa, mata julingnya akan tergolong parah dan susah untuk disembuhkan.

Bagaimana cara menyembuhkannya?

Bicara soal cara penyembuhannya, akan ada banyak sekali caranya. Ditambah lagi, setiap kondisi mata juling yang satu dengan yang lainnya juga pasti akan berbeda pula cara menanganinya. Ketika mata sudah berhasil di diagnose maka ketika itulah akan ditemukan juga bagaimana pengobatannya.

Dengan lensa prima

Ini merupakan lensa khusus sebab di dalamnya sudah tertanam kekuatan prisma. Prisma tersebut sangat berguna untuk merubah semua pencahayaan yang ke mata seseorang dan yang bertugas untuk mengurangi putaran mata ketika seseorang melihat sesuatu. Bentuk lensa ini apex bagian ujungnya akan terlihat lebih tipis, sementara bagian pangkalnya yang tebal sering disebut sebagai base. Dengna bentuk yang seperti itu, maka akan terjadi pemindahan bayangan. Jika dihitung, 1 kekuatan prisma dapat melakukan pemindahan bayangan sejauh 1 cm dari benda yang berjarak 1 meter.

Kabar baiknya adalah penggunaan lensa prima ini bisa digunakan bersama-sama dengan kaca mata normal dengan ukuran-ukuran tertentu.

Menggunakan lensa kontak (kaca mata khusus)

Penggunaan lensa kontak ini merupakan alternatif pertama yang seringkali digunakan oleh para dokter dan juga paling diminati oleh penderita karena pengobatan ini sangat sederhana dan terbukti bisa menyembuhkan dengan cepat. Penderita mata juling juga membutuhkan kaca mata sama halnya dengan penderita mata minus atau plus bahkan silinder.

Lakukan operasi pada otot mata

Ketika mendengar kata operasi, kebanyakan dari kita akan sedikit mengrenyitkan dahi dan sedikit ketakutan. Namun demikian, tampaknya operasi tetap akan menjadi pilihan bagi seseorang yang menderita mata juling akut atau parah. Operasi tersebut sudah pasti tujuannya adalah untuk meluruskan atau mengatur posisi otot yang membuat bola mata seseorang menjadi tidak sejajar.

Biasanya, setelah seseorang melakukan operasi akan dianjurkan untuk melakukan terapi visi guna mendapatkan hasil yang maksimal serta membuat penglihatan mata menjadi lebih baik lagi. Melakukan jalan operasi dan terapi visi bisa membuat hasil pengobatan menjadi jauh lebih sempurna dari pada pengobatan lainnya.

Komentar

Loading...