Bahaya Minyak Goreng Bagi Kesehatan Yang Sering Kita Abaikan

Bahaya Minyak Goreng Bagi Kesehatan Yang Sering Kita Abaikan

204

Harianpost.co.id – Rasanya sulit sekali untuk bisa lepas dari minyak goreng jika bicara soal masak memasak. Peran minyak goreng hampir  sama seperti garam, dengan apa kita menggoreng lauk jika tidak dengan minyak goreng, dengan apa kita menggoreng bumbu-bumbu masakan jika tidak dengan minyak goreng, dan masih banyak lagi peran penting minyak goreng lainnya.

bahaya minyak goreng
Bahaya Minyak goreng bagi kesehatan – via minyakgoreng-murah.blogspot.com

Akan tetapi jarang dari kita yang menyadari adanya bahaya di dalam minyak goreng, penggunaan minyak goreng yang terlalu sering ketika memasak bisa sangat MEMBAHAYAKAN kesehatan tubuh.

Kata bahaya sengaja dibuat dengan huruf besar, sebab memang banyak sekali penyakit yang ditimbulkan dari penggunaan minyak goreng yang terlalu sering. Dari bahan apapun minyak goreng tersebut, sebenarnya tetap memberikan efek yang sama.

Kita pasti tahu bahwa banyak sekali jenis-jenis minyak goreng di luar sana, ada minyak goreng dari kelapa, dari kelapa sawit, ada minyak goreng dari minya k zaitun, dan lain-lain. Apapun jenisnya sebaiknya jangan terlalu sering memakai minyak goreng.

Berikut ini adalah beberapa bahaya minyak goreng bagi kesehatan tubuh kita:

Ada banyak lemak jahat di dalam minyak goreng

Di dalam minyak goreng itu mengandung lemak jenuh yang melimpah, sedangkan lemak jenuh di dalam tubuh itu akan sangat sulit sekali hilang. Ditambah lagi lemak jenuh pada akhirnya akan berubah menjadi lemak jahat di dalam tubuh seseorang.

Nah, dari situ bukankah sudah begitu jelas jika seseorang setiap hari menggunakan minyak goreng dan lemak jahat tersebut terus menumpuk di dalam tubuh kita. Zat yang terdapat dalam minyak goreng tersebut sangat memungkinkan menyumbat pembuluh darah hingga berujung pada munculnya beberapa penyakit mematikan.

Minyak goreng akan mudah memicu timbulnya penyakit jantung

Penyakit jantung ini masih berhubungan erat sekali dengan zat dalam minyak goreng tadi, yaitu kandungan LDL. Ini disebabkan karena lemak jahat yang terdapat pada minyak goreng, sebab lemak jahat tersebut akan semakin memberikan beban kepada jantung ketika memompa darah melalui pembuluh-pembuluh darah yang semakin menyempit akibat plak. Yang kapan saja bisa menimbulkan serangan jantung mendadak.

Kita pasti tahu bahwa sangat sering sekali terjadi kasus orang meninggal akibat serangan jantung mendadak, namun sayangnya kita tak pernah menyadari apa saja penyebabnya. Dan anda juga pasti akan terkejut jika minyak goreng ternyata juga bisa menimbulkan serangan jantung mendadak.

Kemungkinan menderita penyakit stroke semakin besar

Jika kita teliti lebih dalam lagi, maka penyakit stroke akan erat sekali hubungannya dengan penyakit  jantung. Ketika ritmik pada jantung tidak bisa stabil maka otomatis seluruh pemuluh darah di dalam tubuh akan terpengaruh dan itu akan berakibat fatal pada kondisi kesehetan orang tersebut.

Dan jika hal itu dibiarkan berlarut-larut dan tidak mendapatkan penanganan secepat mungkin, maka besar sekali kemungkinannya orang itu akan menderita penyakit mematikan lainnya seperti stroke sebab seluruh pembuluh darah menjadi tegang dan kaku.

Minyak goreng itu sahabatnya darah tinggi

Sepertinya sudah menjadi satuan paket yang tidak bisa dipisahkan antara lemak dan darah tinggi. Inilah penyakit utama yang seringkali disebabkan oleh minyak goreng, dan itu akan menjadi sebuah paket lengkap dengan munculnya beberapa penyakit mematikan lainnya karena lemak yang jahat.

Bicara soal darah tinggi, sebenarnya darah tinggi itu bukan berart idarah seseorang jadi meningkat tinggi. Akan tetapi itu disebabkan karena pembuluh darah seseorang tidak bisa bekerja dengan stabil yang mana itu akan cenderung berakibat pada sirkulasi darah yang tidak normal dan tidak teratur hingga berakibat pada tensi darah yang tinggi.

Minyak goreng akan dengan cepat menurunkan kadar lemak baik dalam tubuh

Seperti apa yang baru saja dijelaskan di atas bahwasannya suatu penyakit akan dengan mudah menimbulkan penyakit lainnya, seperti penurunan lemak baik. Lemak baik menurun juga akibat dari meningkatnya lemak jahat di dalam tubuh seseorang.

Lemak jahat yang tumbuh semakin banyak akan dengan mudah menggusur lemak-lemak baik di dalam tubuh.  Jika lemak jahat itu tadi disebut dengan LDL, maka lemak baik ini disebut dengan HDL. Fungsi lemak baik ini tak lain adalah untuk membersihkan saluran pembuluh darah dan jika di dalam tubuh banyak sekali lemak jahat yang menempel pada esetiap pembuluh darah maka otomatis lemak baiknya tidak akan mampu bekerja dengan baik.

Memicu timbulnya racun karsinogen

Kita pasti tahu apa itu minyak sayur, bagaimanapun bentuknya ia masih tetap masuk katerogi minyak yang suatu saat juga bisa menimbulkan beberapa penyakit bahkan racun. Minyak sayur itu berasal dari berbagai macam jenis kacang-kacangan.

Sedangkan minyak kacang tersebut sangat rawan sekali timbul racun jamur aflatoksin yang bisa berujung pada munculnya banyak penyakit berbahaya.

Terus sebenarnya boleh apa tidak sih menggunakan minyak goreng ketika memasak itu? Boleh-boleh saja, asalkan tidak setiap hari dan tidak terlalu sering menggunakannya. Anda masih ingat kan bahwa lemak jahat di dalam tubuh itu akan sulit sekali hilangnya dan jika anda menggunakan minyak goreng tersebut setiap hari atrau terlalu sering, besar kemungkinan lemak tersebut akan semakin menumpuk dan menyumbat pembuluh darah seseorang.

Komentar

Loading...