Suka Makan Cilok? Waspadai Bahaya Makanan Cilok Ini

Suka Makan Cilok? Waspadai Bahaya Makanan Cilok Ini

119

Harianpost.co.id – Ada yang belum tahu apa itu makanan cilok? Cilok itu salah satu jenis makanan ringan yang seringkali dijajakan dipinggir jalan atau terkadang dijajakan secara keliling, dan bentuk makanannya hampir sama dengan pentol atau bakso tapi ukurannya lebih kecil dengan diberi bumbu sambal, kecap dan saus.

bahaya makan cilok
Bahaya makan cilok – via vemale.com

Makanan cilok ini sangat disukai sebab selain rasanya yang seperti pentol bakso, harganya pun juga relatif lebih murah. Itulah mengapa cilok banyak digemari, dan karena banyaknya pembeli itulah banyak juga para penjual cilok yang bermain curang dengan menambahkan bahan-bahan yang tak sehat dengan alasan agar penggunaan bahan bakunya yang tak lain adalah daging dan terigu bisa lebih irit lagi.

Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa hampir semua jajanan cilok kini menjadi makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi sebab adanya bahan-bahan berbahaya. Bahan-bahan berbahaya yang seringkali dibuat campuran cilok adalah sebagai berikut:

Bahan formalin

Kita pasti tahu apa itu zat formalin, ini adalah zat untuk mengawetkan mayat atau zat untuk mencegah sesuatu menjadi busuk. Penggunaan zat formalin dalam cilok ini tak lain adalah untuk mengantisipasi apabila dagangan cilok tersebut banyak yang tidak laku dan bisa dijual kembali di hari berikutnya bahkan hingga berhari-hari. Ciri-cirinya, cilok yang mengandung zat formalin ini tidak akan dihinggapi lalat.

Bahan pengawet borak

Fungsi borak ini tidak jauh berbeda dengan zat formalin, juga sebagai pengawet agar benda tidak mudah untuk membusuk. Hanya saja, borak ini mungkin akan lebih berbahaya dari pada formalin sebab ketahanan benda yang diawetkan bisa lebih lama. Tujuan penggunaan borak pada cilok juga sama dengan zat formalin di atas tadi, dan pasti ini akan membahayakan kesehatan seseorang yang mengkonsumsi makanan mengandung borak.

Selain dua bahan bebahaya diatas, ada juga bahan-bahan yang tidak layak lagi untuk dikonsumsi manusia yang juga sering digunakan sebagai campuran pembuatan cilok, seperti contohnya bahan pewarna, saus buatan sendiri yang sudah pasti tanpa tidak mendapatkan ijin dari dinas kesehatan dan belum diketahui apakah itu layak dikonsumi atau tidak, serta ikan yang sudah tidak bagus lagi atau keadaannya sudah menjadi bangkai.

Nah, dari banyaknya penjual cilok yang saat ini menggunakan bahan-bahan berbahaya tersebut, maka kita pasti sudah bisa menebak beberapa dampak atau bahaya makan cilok. Akan tetapi mungkin ada beberapa bahaya yang luput dari kewaspadaan.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa dampak negatif makan cilok.

Mudah terserang diare

Penyakit ini disebabkan karena saus yang dibuat atau diiproduksi sendiri oleh penjual cilok. Tanpa resep yang dianjurkan, penjual cilok seringkali membuat saus dari bahan-bahan yang bisa meminimalisir pengeluaran modal dengan kata lain banyak campuran bahan-bahan murahan yang kurang sehat bahkan sama sekali tidak sehat. Seperti contohyna tomat yang sudah tidak layak pakai atau membusuk, cabe merah besar yang juga sudah busuk.

Memicu penyakit kanker

Di atas tadi sudah dijelaskan dengan gamblang tentang bahan-bahan berbahaya dari cilok, dan bahan-bahan itulah yang nantinya akan memicu timbulnya penyakit kanker dengan sangat cepat sekali. Sel-sel kanker dalam tubuh akan dengan cepat terstimulasi oleh bahan-bahan yang tidak jauh beda dengan racun tersebut.

Gangguan kesehatan pada janin

Diatas tadi juga sudah jelaskan bahwa banyak sekali yang menyukai makanan cilok ini, termasuk juga wanita atau ibu-ibu. Untuk ibu hamil, wajib menjauhi makanan yang satu ini jika anda tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada calon buah hati anda. Jika anda ingin bayi anda terlahir dengan kondisi yang sehat, maka makanlah makanan yang sehat pula jangan sekali-sekali menyentuh cilok.

Sudah banyak sekali kasus bayi lahir dengan kondisi cacat yang disebabkan karena kegemaran ibunya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat termasuk cilok juga, sebab baha-bahan berbahaya akan menghambat pertumbuhan organ tubuh bayi tersebut. Parahnya lagi, bahan-bahan berbahaya tersebut tidak hanya menghambat, tapi bahkan mampu menggerogoti organ tubuh janin. Ngeri ya?

Selain itu, masih ada banyak sekali efek samping makan cilok yang bisa mengganggu kesehatan lainnya seperti sering merasa mual-mual, mudah muntah, hingga seringnya merasa kepala yang sangat pusing.

Jika sudah tahu seperti itu bahayannya, masihkah anda akan tetap sembarangan memakan cilok? Memang sulit sekali mencari jajanan cilok yang benar-benar higienis di jaman yang penuh dengan persaingan ini. Tidak hanya pennjual cilok saja, banyak pedagang-pedagang makanan yang melakukan cara-cara tidak baik untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak tanpa memikirkan efeknya pada orang lain. Dan jika sudah seperti itu, bukankah itu sama saja mereka membunuh orang lain dengan makanan mereka secara perlahan?

Komentar

Loading...