Ini Dia Bahaya Minum Jamu, Jamu Tradisional Tak Selamanya Aman

Ini Dia Bahaya Minum Jamu, Jamu Tradisional Tak Selamanya Aman

229

Harianpost.co.id – Kita sering mengenal jamu sebagai obat tradisional yang manjur untuk mengobati berbagai macam penyakit, dari peyakit ringan hingga penyakit yang parah sekalipun. Di luar sana ada banyak sekali macam-macam jamu, tergantung dari bahan yang digunakannya, seperti kunyit, jahe, temugiring, temulawak, kencur, lengkuas, dan bahan-bahan lainnya masih banyak sekali.

bahaya minum jamu
Bahaya minum jamu yang wajib kalian ketahui – via jussehat.com

Semua jamu sudah dikenal masyarakat sebagai obat yang memang ampuh, saking ampuhnya membuat banyak orang ingin menjajakan jamu tersebut hingga saat ini penjual jamu semakin marak dan banyak sekali.

Dan sayangnya, lagi-lagi demi bisa bersaing dengan penjual jamu lainnya, banyak dari mereka yang melakukan hal-hal curang pada bisnis jamu yang mereka jalankan guna mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan memberikan campuran obat-obatan berbahan kimia yang kebanyakan berbahaya bagi tubuh manusia. Jamu tradisional yang terkenal karena kealamiannya kini sudah tidak alami lagi.

Bahan-bahan kimia yang sering dijadikan campuran jamu tradisional itu contohnya seperti Fenibutason, asam metenamat, predison, metampirion, paracetamol, Ctm, dan lain sebagainya. Jamu yang mengandung bahan-bahan kimia yang akhirnya menimbulkan efek samping dan menyebabkan penyakit dalam tubuh.

Akan tetapi, sekalipun jamu tersebut tidak tercampur oleh zat atau bahan kimia apapun, ternyata jamu juga bisa menimbulkan gangguan tubuh yang bisa mengancam nyawa seseorang. Bahaya seperti apa saja? Banyak sekali. Justru karena kampuhannya itulah secara tidak sadar ada bahaya yang mengancam di belakang kita, tidak peduli itu pria atau wanita.

Terjadi gagal ginjal

Jamu penghilang rasa pegal, jamu penghlang rasa capek atau jamu tradisional lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan stamina, sudah terbukti manjur sekali mengatasi masalah-masalah seperti itu. Tapi banyak dari kita yang ternyata tidak menyadari bahwasannya ketika rasa cepak kita hilang karena minum jamu tersebut, itu artinya jantung dan ginjal yang seharus di istirahatkan kembali dipaksa untuk bekerja.

Dan jika kita melakukannya berkali-kali, sangat mungkin jika kinerja jantung dan ginjal kita menjadi over work yang akhirnya akan mudah rusak. Serangan jantung mendadak dan gagal ginjal adalah efek yang sering terjadi.

Hati menjadi semakin rusak

Jamu tradisional mampu membuat hati menjadi lebih cepat lagi dalam rangka memproduksi zat insulin dalam tubuh, juga mampu membuat hati lebih cepat lagi dalam produksi cairan empedu. Dan orang yang hobi meminum jamu yang mana sehari bisa sampai 2 sampai 3 kali minum, akan rawan sekali mengalami kerusakan hati.

Coba kita ingat lagi bahwa jamu memang kebanyakan efeknya sangat ampuh sekali, dan jsutru karena keampuhannya itulah seharusnya kita tidak terlalu sering meminumnya, bahkan dalm sehari bisa 2 atau 3 kali lebih. Itu justru akan menimbulkan kinerja oragan-organ tubuh menjadi lebih tidak terkontrol lagi dalam melakukan tugas-tugasnya.

Mudah terjadinya infeksi lambung

Jamu tradisional itu sifatnya tajam sekali,tajam di sini berarti jika kita ibaratkan itu adalah obat dari dokter maka dosisnya akan sangat tinggi sekali. Namun sayangnya kita tidak tahu apakah jamu yang kita minum itu dosisnya rendah atau tinggi. Pasti kita aka nasal minum begitu saja tanpa memperhatikan kadar obat yang ada di dalam jamu tersebut.

Dengan meminum jamu terlalu sering, sedikit-sedikit minum jamu, capek sedikit minum jamu, lambung kita akan tidak kuat menampung zat yang terkandung dalam jamu tersebut dengan dosis yang tinggi dan terlalu banyak. Dan dinding lambung akan terluka yang kemudian akan menjadi infeksi.

Itulah beberapa efek berbahaya yang bisa terjadi jika kita terlalu sering meminum jamu tradsional sekalipun jamu tersebut dijamin alami tanpa obat kimia bebahaya. Itu masih alami, belum lagi kalau sudah tercampur dengan bahan-bahan kimia, akan semakin berbahaya bagi kesehatan.

Minumlah jamu seperlunya dan usahakan jangan setiap hari minum jamu. Gantilah dengan berolah raga, itu akan lebih baik lagi.

Komentar

Loading...