Qualcomm Snapdragon 835, Processor Ponsel Tercepat Di Dunia

Qualcomm Snapdragon 835, Processor Ponsel Tercepat Di Dunia

107

Harianpost.co.id – Sebagai salah satu perusahaan besar dunia yang bergerak di bidang elektronik, Qualcomm seolah-olah ingin benar-benar menunjukkan pada dunia bahwa mereka adalah perusahaan terbesar dan mereka ingin menciutkan nyali para pesaingnya. Itu mereka realisasikan dengan cara meluncurkan sebuah chip processor untuk ponsel atau mobile yang bisa jadi akan menjadi produk andalan mereka, Qualcomm Snapdragon 835. Tak ingin lebih lama lagi menunggu, pihak Qualcomm pun akan segera meluncurkannya tahun 2017 mendatang.

Qualcomm Snapdragon 835
Qualcomm berkolaborasi dengan Samsung dan akan meluncurkan Qualcomm Snapdragon 835 – via beritateknologi.com

Mereka dengan penuh percaya diri mengklaim bahwa chip processor tersebut adalah processor yang paling cepat di dunia. Wajar jika seandainya chip processor tersebut akan menjadi yang tercepat, sebab dalam pengerjaannya mereka telah berkolaborasi dengan perusahaan eletronik besar lainnya, Samsung.

Sebab selama proses pembuatannya, Qualcomm memilih jalan dengan menggunakan sebuah proses fabrikasi FinFet 10nm dari perusahaan Samsung. Dengan kemampuannya yang katanya tercepat itu bukan berarti ukuran perangkatnya besar, justru perangkat chip ini memiliki ukuran yang sangat kecil sekali, ukuran tepatnya adalah 100nm yang dibalut dengan menggunakan material nano.

Dengan menggunakan teknologi fabrikasi itulah mengapa chip peocessor ini memiliki kecepatan yang tinggi sekali sekalipun ukurannya kecil. Proses fabrikasi FitFet 10nm itu memberikan pengaruh besar hingga memberikan tingkat efisiensi hingga 30 persen bagi chip processor mini ini. Hal ini jelas berbeda jauh dengan produk Qualcomm Squadron sebelumnya, perbedaan itu terlihat jelas dengan meningkatnya performa processor hingga 27 persen plus lebih rendah dalam mengkonsumsi power hingga mencapai 40 persen. Hebat ya?

Ukuran yang kecil, peforma yang luar biasa, sudah pasti itu kan membawa keuntungan yang sangat besar juga bagi perusahaan-perusahaan besar di dunia yang memproduksi perangkat mobile, itu pasti. Salah satu keuntungan yang sudah tampak jelas sekali adalah ukurannya yang kecil tersebut akan memberikan ruang besar untuk menempatkan perangkat keras lainnya.

Kabar baiknya, pembuatan chip processor mini berkekuatan super ini sudah dimulai sejak beberapa waktu yang lalu dan sudah hampir mendekati tahap finishing saja.

Jadi, seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi bahwa sebentar lagi para pengguna ponsel akan benar-benar merasa dimanjakan oleh Qualcomm dengan peluncurannya yang tinggal menghitung hari, kemungkinan besar akan diluncurkan di awal tahun 2017.

Sebab, berhubunga Qualcomm sudah bekerja sama dengan Samsung yang kebetulan Samsung sendiri akan mengeluarkan produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy S8 pada bulan Februari tahun 2017 mendatang. Dan kemungkinan besar Samsung adalah produk pertama yang akan menggunakan teknologi Qualcomm Snapdragon 835 keluaran Qualcomm yang telah mengajaknya berkolaborasi.

Patut untuk ditunggu, kerja sama tersebut akan sama-sama menguntungkan antara kedua belah pihak. Qualcomm tentu tidak perlu lagi melakukan promosi berlebihan sebab keberadaan Samsung di dunia eletronik sendiri sudah memiliki nama besar dan chip yang mereka gunakan tentu akan menjadi perhatian utama para pengguna sekaligus perusahaan ponsel besar di dunia.

Komentar

Loading...