Ini Tips Mendaki Gunung untuk Para Pemula

Ini Tips Mendaki Gunung untuk Para Pemula

152

Akhir-akhir ini, mendaki gunung adalah salah satu hobi yang sangat marak digemari.  Karena sebagian orang menganggap, mendaki memberikan sensai adrenalin tersendiri dan terasa lebih dekat dengan alam, disamping menikmati keindahannya. Namun, untuk melakukan pendakian tentu saja membutuhkan persiapan yang cukup apalagi jika anda masih pemula. Lalu apa saja yang tips dan persiapan yang harus dilakukan untuk para pemula yang ingin melakukan pendakian? Let’s check this out!

ini-tips-mendaki-gunung-untuk-para-pemula1.Melakukan perencanaan pendakian

Yang paling penting pada persiapan saat akan melakukan pendakian adalah perencanaan yang meliputi lokasi yang dituju, rute, kondisi cuaca, perbekalan serta jangka waktu yang akan ditempuh untuk melakukan pendakian.

2. Persiapan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental sangat penting untuk dilakukan karena agar tubuh tidak kaget saat mendaki.

3. Membawa perlengkapan yang efektif

Saat melakukan pendakian, membawa perbekalan dan perlengkapan sangat penting. Perlengkapan dan erbekalan sebaiknya disesuaikan dengan lama waktu yang akan ditemput, kondisi dan rute dari lokasi pendakian dan juga kondisi cuaca. Beberapa peralatan utama yang harus dipersiapkan diantaranya,matras, jas hujan, sepatu trekking, dsb. Selain itu, manajemen logistik (perbekalan) juga sangat penting untuk diatur agar kebutuhan konsumsi terpenuhi selama melakukan pendakian.

Itu tadi beberapa tips untuk melakukan pendakian bagi anda yang masih pemula. Tak hanya itu, yang paling penting dari semua hal tersebut adalah adanya izin resmi dari petugas setempat saat anda akan melakukan pendakian.

Komentar

Loading...