Dampak Negatif Minum Air Dingin Setelah Makan

Dampak Negatif Minum Air Dingin Setelah Makan

148

Harianpost.co.id – Minum air dingin memang bisa memberikan kepuasan bagi seseorang di kala orang itu merasa haus, atau bahkan ketika orang tersebut selesai makan makanan yang pedas. Tapi ternyata kepuasan yang didapatkan itu tidak sebanding dengan dampak yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuh.

bahaya minum air dingin terlalu sering
Bahaya minum air dingin terlalu sering – via annida-online.com

Dampak negatif minum air dingin tersebut baru akan dirasakan seseorang ketika mereka melakukannya terlalu sering hingga menjadi kebiasaan. Jika sudah begitu, maka kesehatan orang tersebut sudah bisa dipastikan dalam bahaya.

Lantas apa saja bahaya minum air dingin setelah makan itu?

Anda pasti tidak akan menyangka bahwa dampak negatifnya sangat banyak sekali, namun untuk lebih menyingkat waktu berikut ini kami rangkum beberapa dampak yang dirasa sangat sering terjadi dan hal itu tentu saja membahayakan pada akhirnya.

Tubuh tidak bisa menyerap nutrisi yang masuk dengan sempurna

Organ-organ tubuh bagian dalam ketika dalam kondisi yang kedinginan akibat baru saja mengkonsumsi atau meminum air dingin akan mengalami pengerutan dan itu akan berakibat pada nutrisi yang tidak bisa terserap dengan baik oleh tubuh. Jadi, jika hal itu dilakukan terlalu sering, maka sudah pasti orang yang bersangkutan tidak akan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Lemak jahat akan sulit untuk dibakar

Untuk bisa membakar lemak dibutuhkan kondisi tubuh yang sedikit panas, jadi dengan meminum air dingin makan ecara otomatis kondisi organ tubuh kita juga dalam keadaan yang dingin. Dan lemak (termasuk lemak jahat) juga akan tetap berdiam diri di dalam tubuh seseorang.

Jadi tidak heran jika orang yang sering minum air dingin itu biasanya akan cepat gemuk tapi gemuknya tidak padat alias gombyor. Dan itulah lemak jahat yang jika terus menumpuk akan mudah memicu berbagai macam penyakit.

Detak jantung menjadi tidak teratur

Air dingin yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan efek pada aliran darah seseorang menjadi tersumbat atau tidak lancar. Itu artinya juga akan menghambat aliran darah menuju ke jantung yang akan mengakibatkan jantung tersebut tidak bisa bekerja dengan efektif yang akhirnya akan mudah terserang penyakit jantung.

Amandel akan menjadi semakin cepat membesar

Soal yang satu ini sepertinya sudah menjadi masalah klasik dan seringkali terjadi terlebih pada anak-anak. Amandel akan semakin membesar jika terus menerus dalam kondisi yang dingin dan itu akan berujung pada sulitnya seseorang untuk menelan makanan, dan biasanya akan dibarengi dengan rasa sakit pada tenggorokan ketika menelan makanan.

Perut menjadi cepat buncit

Dampak yang satu ini erat sekali hubungannya dengan sulitnya tubuh untuk membakar lemak diatas tadi, lemak akan mudah menumpuk di bagian organ tubuh yang memiliki ruang lebih dan perut adalah tempat terindah bagi lemak untuk tumbuh dengan cepat. Hal itu akan mengakibatkan perut seseorang menjadi buncit. Buncit bukan karena banyaknya makanan yang dikonsumsi akan tetapi buncit karena kebanyakan lemak.

Seseorang akan mudah terserang sakit kepala

Ketika seseorang terlalu banyak minum air dingin setelah makan ataupun tidak, suhu tubuh sudah pasti akan berubah secara tiba-tiba atau mengalami perubahan dalam waktu singkat. Hingga berujung pada pembuluh darah di bagian kepala akan melebar dan itulah yang menyebabkan kepala terasa sakit.

Nah, beberapa efek samping di atas adalah kondisi yang sering dialami oleh seseorang yang memiliki kebisaan minum air dingin tapi mereka hampir tidak menyadarinya bahkan mungkin mengabaikan gejala-gejala tersebut. Penting untuk diketahui bahwasanya gejala-gejala yang dianggap tidak terlalu menyiksa jika dibiarkan berlarut-larut maka akan memicu penyakit yang lebih parah lagi.

Seperti kata pepatah, “Sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit”. Percaya atau tidak itu juga berlaku pada kesehatan seseorang.

Komentar

Loading...