Elon Musk Luncurkan Ribuan Satelit Untuk Akses Internet Global

Elon Musk Luncurkan Ribuan Satelit Untuk Akses Internet Global

119

Harianpost.co.id – Bisa dikatakan saat ini kita memasuki jaman yang serba terhubung satu sama lain, dan itu terbukti dari aktifitas kita sehari-hari yang nyaris tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Mulai dari pekerjaan hingga mencari hiburan sekalipun hampir semuanya menggunakan internet, bahkan untuk bisa berkomunikasi dengan seseorang pun sudah jarang sekali orang yang menggunakan pulsa telepon.

Elon Musk
Elon Musk – via beritateknologi.com

Namun demikian, ternyata masih saja ada beberapa negara yang belum bisa menikmati akses internet karena terkendala lokasi dan letak geografis yang tidak bisa terjangkau oleh satelit yang memancarkan akses internet. Melihat hal tersebut, sudah banyak sekali solusi yang dilakukan oleh beberapa pihak, misalnya google yang sudah menerbangkan balon udara, dan bahkan perusahaan multimedia terbesar Facebook pun juga ikut serta ingin membantu mereka dengan menerbangkan sebuah drone yang bisa memancarkan frekuensi internet.

Seakan tidak ingin kalah dari yang lainnya yang sudah lebih dulu bergerak, Elon Musk selaku CEO Tesla Motors dan pemilik perusahaan transportasi luar angkasa ini juga akan ikut berpartisipasi membantu orang-orang yang juga ingin mencicipi nikmatnya berinternet ria.

Tak tanggung-tanggung, ia dikabarkan akan segera melucurkan ribuan satelit, sekitar 4.425 satelit yang rencananya akan diterbangkan ke luar angkasa untuk menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi.

Dengan jumlah satelit sebanyak itu, kemungkinan besar akses internet bakal mampu menjangkau ke seluruh dunia. Sedangkan untuk biaya yang digelontorkan untuk bisa menerbangkan 4.000 satelit terhitung “hanya” 10 milliar USD atau setara dengan 133 Triliun rupiah “saja”. Kabar terbaru, spaceX milik Elon Musk ternyata sudah menerbangkan sekitar 800 satelit di langit amerika dengan biaya yang didapatkan dari 2 investor besar, Alphabet dan Fidelity Investments.

SpaceX mengklaim bahwa akses internet yang mereka pancarkan melalui satelit-satelit tersebut nantinya akan bisa digunakan oleh berbagai macam kalangan, mulai dari perumahan hingga pemerintahan juga bisa. Kita tunggu saja dan kita do’akan semoga prosesnya lancar hingga semua satelit bisa diterbangkan.

Komentar

Loading...