Atasi Penyakit Kuning Dengan Pengobatan Tradisional

Atasi Penyakit Kuning Dengan Pengobatan Tradisional

131

Harianpost.co.id – Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, dari golongan apapun mereka tetap berpotensi menderita penyakit kuning. Sebenarnya penyakit kuning hanyalah sebutan saja sebab ketika seseorang menderita penyakit tersebut, maka sekujur tubuhnya akan mengalami perubahan warna menjadi kuning. Bagian tubuh yang biasanya mengalami perubahan warna adalag mata, kulit, hingga kelenjar ludah.

Penyakit Kuning
Gejala Penyakit Kuning pada mata – via penyakitkuning.com

Sementara, nama ilmiah dari penyakit kuning adalah icterus atau jaundice. Penyebab menguningnya bagian-bagian tubuh seseorang itu disebabkan karena meningkatnya zat bilirubin pada tubuh manusia. Parahnya, penyakit kuning ini tergolong penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menjadi penyebab kematian jika terlambat melakukan penanganan.

Perlu diketahui bahwasannya zat bilirubin itu merupakan zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh manusia dan biasanya berbentuk kotoran atau urin. Organ tubuh yang diserang oleh penyakit kuning tidak main-main, yaitu hati. Prosesnya, zat bilirubin masuk ke dalam jaringan-jaringan darah yang menuju ke hati dan disitulah ketika terjadi pertemuan antara zat bilirubin dan jaringan hati mengalami reaksi yang bisa menyebabkab kelainan.

Kita bisa mengetahui gejala-gejala penyakit kuning dengan mengenali bagian-bagian tubuh yang mengalami perubahan atau juga beberapa efek yang tidak wajar yang sebelumnya tidak pernah terjadi. Muka mudah pucat, mudah sekali lelah, gampang mengantuk, mudah terjadi pendarahan di bagian gusi serta kulit, air kencing (seni) berubah menjadi kuning dalam waktu yang lama, rasa nyeri di sekitar mata, penurunan berat badan secara drastis. Gejala-gejala seperti itu ada tanda awal terjadinya peyakit kuning.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan penyembuhan terhadap penyakit kuning inipun juga tidak sedikit mengingat bahwa penyakit ini masuk dalam kategori penyakit berbahaya. Namun tidak selamanya pengobatan terhadap penyakit kuning ini mahal jika kita bisa memanfaatkan beberapa obat tradisional untuk menyembuhkannya. Adakah? Ada, bahkan banyak sekali hanya saja kita jarang mengetahuinya.

Di antaranya…

Menggunakan daun pare

Dengan meminum rebusan dari pare secara rutin dua kali sekali, pagi dan sore, penyakit kuning perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya. Proses penyembuhan dari daun pare ini memang pelan, tapi pasti.

Menggunakan temulawak

Jika daun pare sekiranya sulit untuk dicari di sekitar anda, maka anda  bisa menggantinya dengan menggunakan temulawak yang mana bahan tradisional yang satu ini banyak dan mudah ditemukan. Anda bisa meminum air perasan dari temulawak ini dicampur dengan madu.

Menggunakan daun keji beling

Hebatnya daun keji beling ini bisa mengobati penyakit kuning yang diderita oleh anak-anak maupun dewasa, anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menjadikan daun keji beling ini sebagai lalapan atau jika tidak suka lalapan, bisa membuat sayur dari daun ini.

Konsumsi mengkudu yang matang dan gula batu

Mengkudu ini memang sudah dikenal mampu mengghilangkan penyakit kuning dengan cepat. Anda bisa mencampurnya dengan gula batu dan madu untuk sekedar menambahkan rasa pada obat tersebut.

Dan yang terakhir adalah daun pepaya

Inilah daun yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Daun pepaya selain dikenal ampuh menyembuhkan penyakit jantung, ternyata juga sangat ampuh sekali digunakan untuk mengobati penyakit kuning. Rasa dari daun pepaya ini memang sangat pahit sekali, jadi jika anda tidak menyukai rasa pahit dari daun ini bisa membuat sayur dari daun pepaya. Sebenarnya untuk hasil yang lebih bagus anda dianjurkan untuk meminum air resbusan dari daun ini, campurlah dengan madu untuk menetralisir rasa pahit yang dihasilkan dari daun pepaya.

Itulah beberapa cara pengobatan tradisional untuk penyakit kuning dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tentunya mudah sekali didapatkan.

Komentar

Loading...