Google Play Service Tidak Lagi Ada Di Android Gingerbread Mulai 2017

Google Play Service Tidak Lagi Ada Di Android Gingerbread Mulai 2017

119

Harianpost.co.id – Jika kalian termasuk pengguna smartphone dengan OS Android sejak dirilis pertama kali, masih sangat membekas sekali dalam ingatan tentang OS Android 2.3 Gingerbread. Sampai saat ini, Operating System Android 2.3 Gingerbread ini sudah 6 tahun lamanya menemani pengguna smartphone, terhitung sejak tahun 2010 silam.

OS Android 2.3 Gingerbread
OS Android 2.3 Gingerbread – via beritateknologi.com

6 tahun bukanlah usia yang sebentar untuk ukuran sebuah operating system mobile, dan yang membuat kita semakin takjub adalah operating system ini memiliki play service yang tetap didukung oleh Google.

Sayangnya, di tahun 2017 mendatang Google telah memutuskan untuk tidak lagi play service dari layanan operating system Android 2.3 Gingerbread.

Untuk Play service 10.2.0, kalian sudah bisa dipastikan tidak akan lagi ada nama Google yang akan mendukungnya, sebab Google memutuskan bahwa play service versi 10.0.0 adalah versi terakhir yang akan mereka dukung, selanjutnya tidak akan lagi.Pihak Google menyatakan bahwa perubahan ini akan terjadi pada awal tahun 2017 nanti dan mereka akan berpindah pada operating system android 4.0.1 Ice Cream Sandwich – 7.0 Nougat.

Pasti kalian akan bertanya apakah gerangan yang menyebabkan Google memutuskan untuk berhenti memberikan dukungan pada Android 2.3 Gingerbread.

Bicara hal itu, Google memiliki pendapat yang sama dengan perusahaan-perusahaan developer android yang sudah terlebih dahulu meninggalkannya dengan alasan mereka ingin mengembangkan berbagai macam aplikasi yang lebih baik lagi dengan cara memberikan dukungan kepada operating system yang lebih baru lagi dari android.

“Usia dari platform GingerBread ini sudah sekitar 6 tahun dan jika kami tetap mendukung mereka pasti kami akan kesulitan untuk melakukan pengembangan yang mana itu artinya kita akan banyak ketinggalan dari perusahaan pengembang lainnya yang sudah bekerja sama dengan platform-platform yang lebih baru yang mengharuskan mereka terus berkembang. Situasi itu sama dengan apa yang kami alami saat ini. Jadi, kami juga memerlukan perubahan yang lebih baik lagi dan bisa membuat koleksi tools dalam operating system android baru yang mana mereka memiliki kecepatan yang lebih baik, lebih besar dan lebih cepat”.

Tak hanya Google saja, berbagai macam perangkat yang masih berjalan pada operating system ini dari hari ke hari juga semakin berkurang. Banyak perusahaan-perusahaan developer yang lebih memilih untuk mendukung platform dari OS terbaru seperti contohnya platform android M. Dengan begitu mereka (perusahaan-perusahaan developer) bisa membuat perkembangan yang lebih baik lagi.

Jadi, ini artinya para pengguna OS Android 2.3 Gingerbread bakal siap-siap kehilangan service terbaik di dunia ketika memasuki awal tahun 2017 nanti. Pertanyaanya lagi, apakah kepergian Google nanti juga akan menarik segala fitur-fitur yang mereka berikan? Jika iya, tampaknya smartphone yang masih menggunakan OS Android 2.3 Gingerbread bakalan bernasib naas, alias banyak sekali yang tidak akan lagi memakai smartphone dengan OS tersebut.

Komentar

Loading...