Baterai Terbaru, Pengisian Secepat Kilat Dan Tahan Hingga Seminggu

Baterai Terbaru, Pengisian Secepat Kilat Dan Tahan Hingga Seminggu

110

Harianpost.co.id – Kini teknologi baterai super canggih berhasil ditemukan oleh para peneliti dari University of Central Florida. Di dalam baterai terbaru yang mereka temukan itu terdapat superkapasitor yang mana baterai ini mampu melakukan pengisian secepat kilat yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja. Waktu pengisian yang secepat itu bukan berarti bahwa baterai ini hanya memiliki ketahanan yang sebentar saja.

Baterai superkapasitor
Baterai superkapasitor – via beritateknologi.com

Percaya atau tidak, baterai ini bisa bertahan hingga berhari-hari bahkan sampai satu minggu lamanya. KEREN NGGAK?!!

Hebatnya lagi, baterai hasil temuan para ilmuwan ini juga memiliki ukuran yang sangat kecil sekali, besarnya tak lebih dari jari. Namun demikian, melihat dari ukurannya kecil dan memiliki ketahanan hingga satu minggu lamanya itu menandakan bahwa baterai ini memiliki kapasitas yang besar. Wajar sebab baterai ini juga dilengkapi dengan perangkat superkapasitor.

Selain itu, ukuran ketebalannya juga sangat tipis sekali plus sangat lentur alias fleksibel. Maka dengan ukuran yang seperti itu, sudah pasti baterai ini juga sangat cocok sekali dengan berbagai perangkat berukuran kecil seperti wearable, smartphone, hingga tablet sekalipun. Dan yang paling menonjol dari beberapa kelebihannya adalah bahwa baterai ini memiliki ketahanan hingga mencapai 30 ribu kali pengisian.

Hal itu dikatakan sendiri oleh Prof. Niti Choudhary, yang telah mengklaim baterai superkapasitor ini dalam sekali pengisian saja akan mampu bertahan hingga seminggu lamanya. So, kita bisa menghemat baterai.

Dari situ jelas bahwa jika soal ketahanan, maka superkapasitor ini jauh lebih tinggi dari baterai lithium ion pada umumnya yang hanya memiliki ketahanan hanya sampai 300 pengisian saja, paling mentok mungkin 500 kali pengisian. Setelah itu tidak akan bisa lagi digunakan, jikapun masih bisa mungkin energi yang mampu ditampung sudah mengalami penurunan. Mungkin sektiar 70 persen banyaknya energi yang masuk.

Satu hal yang masih disayangkan, baterai ini masih belum dijual di pasaran dan sama sekali belum ada perangkat eletronik yang menggunakannya. Namun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa baterai ini nantinya juga akan di pasarankan dan kita bisa membelinya untuk smartphone kita. Kan enak kalau sekali isi bisa tahan sampai satu minggu dan tidak perlu khawatir lagi akan kehabisan energi baterai.

Kalau ini benar-benar terjadi, bisa jadi perangkat pengisian energi seperti powebank sudah bisa ditebak akan gulung tikar!

Komentar

Loading...