Obat Sakit Gusi Tradisional Yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Obat Sakit Gusi Tradisional Yang Mungkin Anda Tidak Tahu

332

Harianpost.co.id – Biasanya saat gusi seseorang sedang terasa sakit, ketika itu gusi mengalami peradangan dan biasanya akan dibarengi dengan gejala gusi membengkak, jika sudah begitu pasti akan terasa sangat sakit sekali. Bahkan rasa sakitnya setara dengan ketika seseorang sedang sakit gigi karena gigi berlubang.

Sakit Gusi
Sakit Gusi

Kebanyakan sakit pada gusi atau gusi yang meradang diderita oleh seseorang yang kurang memperhatikan kebersihan dan kesehatan pada mulut. Mereka seringkali lupa untuk sikat gigi ketika selesai makan. Sisa-sisa makanan yang masih menempel pada gigi atau sela-sela gigi akan berubah menjadi plak jika dibiarkan selama dua hari.

Plak atau yang sering kita sebut dengan karang gigi itulah yang nantinya rawan sekali menimbulkan iritasi pada gusi yang berakibat pada mudahnya gusi meradang atau membengkak. Jenis-jenis makanan yang biasanya sering menempel pada gigi dan susah untuk dihilangkan adalah kue, coklat, roti kering, makanan sejenisnya. Langkah paling mudah untuk menghilangkan makanan yang menempel pada gigi adalah dengan membiasakan diri selalu berkumur ketika selesai makan, jika anda berada di rumah, maka sikat gigi adalah cara yang terbaik.

Namun jika saja gusi sudah terlanjur meradang, tak ada lagi cara lain selain mengobatinya. Nah, ini dia yang akan kita bahas.

Biasanya, ketika seseorang lebih memilih untuk minum obat sakit gigi racikan yang sekarang ini banyak sekali dijual di toko-toko kecil di sekitar rumah kita. Banyak sekali yang menjualnya, dan pembelinya pun juga sangat banyak. Karena memang harus diakui bahwa sakit gigi akan cepat mereda dengan obat-obat racikan tersebut. Namun sayangnya mereka sama sekali tidak memperhatikan dosis dan efeknya.

Di dalam bungkus obat racikan itu memang tidak tertera dosisnya. Namun yang pasti, salah satu obat dari obat sakit gigi racikan yang ada di dalamnya ada yang namanya obat anti nyeri dan jika kita terlalu sering mengkonsumsinya ada banyak sekali bahaya yang mengintai, salah satu yang paling berbahaya adalah gagal ginjal.

Ada baiknya kita langsung memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan obat yang aman sebagai salah satu cara yang terbaik.

Salah satu cara? Ya, salah satu cara. Dan itu artinya masih ada lagi cara terbaik lainnya. Dengan apa? Dengan menggunakan bahan-bahan alami. Sebenarnya banyak sekali bahan-bahan alami untuk sakit pada gusi yang bengkak atau meradang. Akan tetapi kemungkinan andabelum pernah mencoba obat-obat alami di bawah ini.

Air yang dicampur dengan baking soda

Yang kita tahu, baking soda adalah salah satu bahan terbaik untuk membuat kue. Dan siapa sangka bahwa baking soda ini juga bisa menjadi obat terbaik untuk sakit pada gusi yang meradang jika dicampur dengan air. Dengan berkumur menggunakan air yang telah dicampur dengan air maka mulut anda akan bersih dari berbagai macam zat asam yang dihasilkan dari sisa-sisa makanan.

Garam yang sudah dicampurkan dengan air hangat

Selain berukumur dengan air yang bercampur dengan baking soda, sebagai alternatif lain yang masih tetap menggunakan metode berkumur, yaitu berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Air hangat dan garam ini sebenarnya merupakan ramuan klasik yang banyak digunakan oleh orang-orang kuno dulu, tapi sekarang jarang sekali orang yang mau mempraktekkannya padahal cara ini sangat ampuh sekali untuk membunuh bakteri, mengurangi peradangan dan juga membuat gusi yang membengkak menjadi kempes.

Menggunakan madu

Bisa dikatakan madu adalah bahan alam terbaik. Bagaimana tidak, sudah rasanya manis, juga ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti salah satu contohnya gusi yang meradang ini. Alasannya sederhana, di dalam madu mengandung zat antiseptik dan juga anti bakteri yang mana itu nanti akan mampu mengurangi mengatasi infeksi yang terjadi pada gusi.

Itulah ketiga bahan alami yang mungkin saja anda tidak pernah tahu bahwa bahan-bahan tersbeut sebenarnya sangat ampuh sekali untuk mengobati sakit gusi atau gusi yang meradang dan membengkak. Masih belum percaya? Silahkan dicoba.

Komentar

Loading...