Blackview BV6000 Smartphone Tahan Banting! Ini Spesifikasinya

Blackview BV6000 Smartphone Tahan Banting! Ini Spesifikasinya

171

Harianpost.co.id – Sekarang ini memang jamannya smartphone dengan fitur-fitur yang melimpah dan canggih. Ya, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang terus berkompetisi dan menjadi yang terbaik jika bicara soal fitur, siapa yang lebih unggul fiturnya dialah yang terbaik dan sudah pasti akan ada banyak penggunannya.

Blackview BV6000
Blackview BV6000 – via beritateknologi.com

Akan tetapi sayangnya, fitur lengkap yang mereka tawarkan itu tidak dibarengi dengan ketangguhan atau ketahanan fisik dari smartphone yang mereka luncurkan. Paling mentok baterai yang tahan lama, itu saja.

Buktinya, masih terlalu banyak kasus smartphone pecah atau meledak ketika jatuh. Itu artinya smartphone mereka masih terlalu ringkih atau rapuh.

Nah, jika kalian juga sedang mencari smartphone yang kuat dan tahan banting, perusahaan besar yang berbasis di Tiongkok bisa menjawabnya. Ya, smartphone itu bernama Blackview BV6000 yang di desain khusus dengan bodi yang sangat kuat sekali dan terlihat sangat garang sekali. Ibarat kata, ini smartphone yang benar-benar macho!

Jika di luar sana banyak perusahaan yang menawarkan smartphone dengan fitur lengkap untuk semua kalangan, lain halnya dengan smartphone Blackview BV6000 ini yang memang khusus diciptakan untuk orang-orang dengan aktifitas tinggi dan keras.

Namun demikian, Blackview BV6000 bukan berarti tidak dilengkapi dengan fitur biasa, agar tak kalah dengan smartphone lainnya, jadilah Blackview BV6000 ditanamni spesifikasi yang juga jempolan, pas sekali dengan kokohnya bodi smartphone. Pesaran seperti apa spesifikasinya? Nih,

Spesifikasi smartphone Blackview BV6000:
  • Layar: 4.7 inch Corning Gorilla Glass 3 yang dilengkapi dengan resolusi screen 1280×720 piksel,
  • Mode Jaringan: EDGE, 3G, HSPA, plus bonus jaringan 4G LTE,
  • Chipset processor: MediaTek MT6755 Helio P10 2.0GHz + GPU Mali-T860MP2
  • Kapasitas Memori: 3GB RAM + 32GB untuk memori internal, juga terdapat slot untuk memori micro SD
  • Kualitas Kamera: 13 megapiksel untuk kamera belakang, lengkap dengan autofocus, LED flash. Dan 5 megapiksel untuk kamera di bagian depan
  • Daya tahan Baterai: 4200mAh
  • Sistem Operasi (OS) sudah menggunakan teknologi terbaru: Android 6.0 Marshmallow
  • Harga: Rp2.400.000

Sekarang mari kita kupas secara detail tentang Blackview BV6000, mulai dari desainnya hingga pengujian ketahanannya.

Desain

Bicara soal desain sudah sedikit dijelaskan di atas tadi, akan tetapi sekarang kita akan membahasnya secara tuntas. Elegan? Sepertinya sudah jelas bahwa tidak ada kesan elegan sama sekali pada smartphone Blackview BV6000 ini. Justru sebaliknya, terlihat sangat sangar sekali dan ketika kalian menggenggamnya pertama kali pasti akan terasa berat dan terlalu besar.

Ini karena Blackview BV6000 secara keseluruhan memiliki lebar 5.5 inci. Bahkan kalian yang memiliki ukuran telapak tangan yang lebar sekalipun sepertinya harus tetap menggunakan dua tangan untuk beraktifitas menggunakan smartphone ini sebab ketebalan dari smartphone Blackview BV6000 ini mencapai 2 cm. Yang menjadikan smartphone ini tampak begitu tebal adalah karena covernya yang memang di desain seperti itu dan untuk mendapatkan smartphone yang benar-benar kokoh.

Di bagian sampingnya kalian akan menemukan ada 6 tombol yang berfungsi sebagai power, volume naik dan turun, kamera, SOS, dan juga tombol PTT (Push To Talk).

Layar

Nah ini yang paling istimewa dari smartphone Blackview BV6000 ini, jangan meremehkan smartphone ini sebab layarnya benar-benar di desain anti gores, sekalipun kalian dengan sengaja menggoresnya dengan menggunakan pisau, tidak akan tergores sedikitpun sebab layar smartphone ini terbuat dari bahan Corning Gorilla Glass 3. Luas layarnya adalah 4.7 inci dengan resolusi HD 720p.

Jarak tepi layar dengan tepi smartphone ini bisa dikatan sangat tebal untuk ukuran smartphone, lagi-lagi itu disebabkan karena bahan pelindungnya yang kokoh dan terbuat dari metal yang masih dilapisi lagi dengan bahan karet. Sementara untuk membuat penampilan layar menjadi tampak jelas, anda bisa mengaturnya di bagian Brightness setting.

Masih belum puas kan? Sesuai janji, bahwa kita akan mengupasnya hingga sampai pada pengujian ketahanan.

Lanjut lagi,

Penampilan antar muka

Untuk penampilan antarmuka Blackview BV6000 tidak melakukan banyak perubahan, mereka masih setia menggunakan tampilan bawaan dari Google Android Stock. Blackview BV6000 hanya melakukan perubahan pada tata letaknya saja dan juga desain tulisan pada iconnya. Jadi, semua aplikasi pada smartphone ini tetap terpasang menjadi satu pada layar muka.

Dan untuk merubahnya menjadi lebih menarik lagi, Blackview BV6000 tidak hanya melakukan perubahan pada tulisan iconnya tapi juga pada model iconya sekaligus. Jadi, sudah pasti penampilannya akan terlihat berbeda dan menarik. Kelemahannya, bagian customisasi-nya minim, jadi kalian nanti tidak akan bisa melakukan pengeturan dengan bebas.

Jaringan 4G LTE

Sebagai bukti bahwa smartphone Blackview BV6000 ini tidak hanya fokus pada kekuatannya, Blackview BV6000 juga menghadirkan fitur 4G LTE sebagai pendukung untuk jaringan koneksi internet agar lebih mudah dan cepat. Soal ini, sudah dilakukan ujicoba dengan memasang berbagai macam kartu GSM yang ada di Indonesia dan hasilnya terbukti sama, lancar dan cepat sekali.

Yang terakhir, mari kita masuk pada tahap pengujian ketahanan

Rasanya memang tidak lengkap jika kita hanya berkoar-koar dengan memberitahukan berbagai spesifikasi dan keunggulannya saja tanpa disertai dengan pengujian nyata. Hal ini tentu dimaksudkan untuk membuktikan bahwa Blackview BV6000 ini benar-benar sesuai dengan keunggulan yang disebutkan.

Pertama, Blackview BV6000 ini coba untuk dijatuhkan dari ketinggian 3 meter dan hasilnya tetap seperti keadaan semula, tanpa kerusakaan apalagi goresan. Seakan tidak tidak puas, pihak produsen mencoba lagi untuk menguji ketahanannya untuk menambah ketinggiannya, 4 meter, layar dan covernya masih terlihat sangat kokoh sekali. Lagi, coba dijatuhkan dari ketinggian 5 meter. Mungkin kalian akan sulit untuk mempercayainya jika smartphone ini juga masih dalam kondisi kokoh, tapa gores dan juga sama sekali tidak mengalami kerusakan sedikitpun pada hardware-nya dan juga tanpa mengurangi cacat pada software.

Pengujian kedua, Blackview BV6000 sempat disiksa untuk dijadikan sebagai martil alias palu untuk menancapkan paku berukuran besar. Bisa? Sangat bisa! Dan terbukti pada cover pelindung bagian belakangnya sama sekali tidak tergores sedikitpun.

Tak tanggung-tanggung, jumlah paku yang berhasil ditancapkan dengan menggunakan “palu elektronik” ini ada enam 6 paku besar. Sebentar, ini peralatan bangunan apa smartphone sih? Kalian sendiri yang nanti akan menilainya.

Pengujian selanjutnya, kembali pada layar. Dengan menggunakan pisau atau belati berukuran sedang pihak penguji mencoba untuk menggoras sekaligus menekannya dengan kuat. Hasilnya layar smartphone Blackview BV6000 ini tetap dalam kondisi sangat mulus sekali berkat bahan Corning Gorilla Glass 3 yang ada pada layarnya.

Tak cukup sampai disitu, smartphone juga diuji dengan memasukkannya kedalam air selama beberapa menit lamanya dan ternyata Blackview BV6000 ini masih berfungsi, itu artinya masih bisa digunakan dengan sangat baik.

Sudah ya? Untuk pengujian selanjutnya kalian bisa melakukannya sendiri di rumah, asalkan tidak dengan melindasnya menggunakan traktor.

Komentar

Loading...