Keunikan Dibalik Keindahan Danau Kelimutu

Keunikan Dibalik Keindahan Danau Kelimutu

105

Danau Kelimutu yang terletak di Pulau Nusa Tenggara, lebih tepatnya terletak di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (atau sekitar 2.5 jam dari pusat kota Ende) memiliki keunikan di balik keindahannya yang khas yang tidak dimiliki oleh danau-danau lain yang berada di Indonesia.

keunikan-dibalik-keindahan-danau-kelimutuDi kawasan Kelimutu ini terdapat 3 danau yang indah dan menakjubkan mata. Dua diantaranya yakni dikenal dengan ‘Tiwu Ata Polo’ dan ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai’. Posisi kedua danau ini berdampingan dan hanya dipisahkan oleh sebuah tebing yang berbentuk cekungan. Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai memiliki air yang berwarna hijau tosca sedangkan danau Tiwu Aa Polo memili warna air yang hitam pekat.

Satu danau lagi yang juga terletak berdampingan dengan kedua danau ini dan berada di puncak Kelimutu adalah ‘Tiwu Ata Mbupu’ yang memiliki air berwarna hijau tosca bening.

Konon kabarnya, tiga danau ini merupakan tempat berkumpulnya para arwah yang telah meninggal dunia. Jika seseorang meninggal dalam keadaan yang sudah tua dan berbuat baik selama hidupnya, ia berada di danau ‘Tiwu Ata Mbupu’. Sedangkan, jika seseorang meninggal dalam keadaan masih belia atau belum menikah dan memiliki perbuatan baik selama hidupnya, ia berada di danau ‘Tiwu Nuwa Muri Koo Fai’.

Danau yang juga dikenal dengan sebutan danau tiga warna ini memiliki keunikan, yakni warna air dari ketiga danau tersebut bisa berubah warna setiap saat. Menurut para peneliti, warna ini terjadi disebabakan oleh material atau komponen yang berada di dasar danau. Namun menurut mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, warna danau ini akan berubah-ubah sesuai dengan keadaan dan kondisi dari negara ini.

Komentar

Loading...