Tanda-Tanda Awal Penyakit Ginjal Yang Sulit Ditebak

Tanda-Tanda Awal Penyakit Ginjal Yang Sulit Ditebak

173

Harianpost.co.id – Selain menjadi salah satu organ tubuh yang sangat vital bagi tubuh manusia, ginjal juga merupakan salah satu organ tubuh yang juga sangat rawan sekali dari gangguan penyakit yang bisa datang dari banyak faktor juga. Mulai dari makanan, aktifitas yang berlebihan atau bahkan kurangnya aktifitas seseorang.

tanda-tanda awal penyakit ginjal
tanda-tanda awal penyakit ginjal – via alodokter.com

Pentingnya peran ginjal ini ditandai dari fungsinya yang berperan untuk menyaring darah yang kemudian disebarkan ke seluruh bagian tubuh seseorang. Dalam waktu yang bersamaan, ketika ginjal menyaring darah itu ia sekaligus akan melakukan penyaringan terhadap berbagai macam racun yang masuk ke dalam tubuh melalui darah, dan yang terpenting adalah pada aktifitas penyaringan darah itu ginjal juga sekaligus mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Itulah mengapa ginjal dikatakan sebagai organ vital dalam tubuh.

Sekali saja ginjal mengalami gangguan atau kelainan maka sudah bisa dipastikan racun akan mudah sekali menyebar dan juga sirkulasi cairan menjadi tidak terkontrol.

Parahnya, ketika ginjal seseorang mengalami gangguan, gejala-gejala awal gangguan pada ginjal itu seringkali tidak disadari oleh kebanyakan orang sebab memang bisa dikatakan gejalanya samar, tidak terlihat jelas.

Nah, kali ini untuk membuat kita semua menjadi lebih waspada lagi terhadap gangguan-gangguan pada ginjal, akan sangat bagus jika kita bisa tahu apa saja gejala-gejala awal penyakit ginjal atau ketika ginjal seseorang mengalami masalah.

Susah untuk berkonsentrasi

Jika ginjal seseorang mengalami penurunan fungsi atau katakanlah tidak bisa bekerja dengan baik maka itu artinya proses penyaringan racun dalam tubuh juga akan berkurang. Jika hal itu tetap dibiarkan saja, racun akan semakin menumpuk dan akan menimbulkan efek mudah merasa kelelahan dan akan sulit sekali untuk bisa konsentrasi. Jika dari anda mengalami hal ini, maka saran kami segeralah periksakan keadaan ginjal anda ke dokter.

Sering mengalami insomnia

Siapa yang menyangka bahwa insomnia yang banyak dikenal orang juga sebagai penyakit ini ternyata adalah pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan ginjalnya. Perlu kita tahu bahwa insomnia itu terjadi juga karena racun-racun yang menyebar dan menumpuk di dalam tubuh hingga mengganggu organ tubuh lainnya yang juga akan mengganggu aktifitas tidur seseorang.

Kulit menjadi mudah kering dan sering merasa gatal

Ketika seseorang mendapatkan kulit mereka menjadi kering, sering mereka anggap tubuh mereka kurang cairan, itu memang benar. Sebab ketika itu ginjal tidak bisa bekerja dengan baik dalam mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh. Tapi sayangnya, orang yang mendapati kulit mereka kering akan lebih memilih untuk memberi krim pelembab agar terlihat lembab tapi pikiran tidak pernah tertuju pada ginjal mereka yang sebenarnya ketika itu sedang mengalami masalah.

Sementara kulit mereka mengering, hal itu juga dibarengi dengan seringnya merasa gatal tanpa ada sebab musababnya.

Nafsu makan menurun

Banyak faktor yang menyebabkan menurunnya nafsu makan seseorang, tapi anda pasti tidak akan pernah mengira jika nafsu makan menurun itu ternyata juga merupakan salah satu gejala penyakit ginjal, iya kan? Penyebab tetap dari penyebaran racun yang akan menghambat organ tubuh yang berfungsi untuk menstimulasi nafsu makan seseorang.

Itulah gejala-gejala penyakit ginjal yang terlihat sepele sekali tapi sungguh diluar dugaan kebanyakan orang. Gejala penyakit ginjal lainnya seperti kaki membengkak, kencing darah, mata yang juga mengalami pembengkakan, dll sudah bisa ditebak bahwa gejala tersebut adalah gejala penyakit ginjal.

Ingat, ketika anda pergi ke dokter dan mengeluhkan gejala yang anda alami, dokter hanya akan memberikan saran atau obat pada penyakit di sekitar gejala itu saja jika kita tidak memancing mereka terlebih dahulu. Itu jika dokternya tidak profesional (kebanyakan dokter sekarang memang seperti itu), tapi jika dokter yang anda datangi itu profesional, mereka akan mencari penyakit-penyakit apa saja yang berhubungan dengan gejala yang anda alami tanpa anda harus bicara.

Jadi, mari kita berhati-hati dengan gejala-gejala di atas tadi agar kita bisa mengatasi penyakit ginjal sejak dini. Penyakit ginjal bisa berakibat pada kematian.

Komentar

Loading...