Daftar Artis Di Bawah Naungan SM Entertainment

Daftar Artis Di Bawah Naungan SM Entertainment

826

Harianpost.co.id – SM Entertainment merupakan salah agensi terbesar setelah YG Entertainment. Nama SM sendiri sebenarnya diambil dari nama pemilik agensi (perusahaan) itu sendiri yang bernama Lee Soo Man, dan nama SM sebenarnya memiliki kepanjangan (Lee) Soo Man, tapi itu dulu. Dan sekarang kepanjangan dari SM diubah menjadi “Star Museum” yang memiliki arti “Museum para bintang”.

SM entertainment
SM entertainment – via YouTube

Seperti halnya arti dari kepanjangan SM, sang pemilik agensi SM Entertainment juga berharap bahwa artis-artis yang berada di bawah naungan juga memiliki sepak terjang yang baik, berbakat dan tentunya berprestasi di bidangnya masing-masing. Berhubung semua artis yang bernaung pada mereka mayoritas adalah penyanyi, maka diharapkan mereka juga bisa memiliki popularitas oke di bidang tarik suara.

Hal itu ternyata tidak disia-siakan oleh artis-artisnya, terbukti banyak sekali artis SM Entertainment yang sudah menorehkan prestasi moncer di dunia hiburan, baik itu di bidang tarik suara maupun di dibidang akting.

Kalian pasti penasaran kan siapa saja artis yang bernaung di bawah agensi milik Lee Soo Man ini? Oke, Berikut ini adalah deretan artis yang pernah atau yang saat ini bernaung di bawah agensi SM Entertainment dari tahun 1992 hingga sekarang.

The Blue (1992)

Boleh dikata inilah boyband tertua asuhan SM Entertainment, boy group ini sudah melakukan debut dengan SM Entertainment sejak tahun 1992 dan beranggotakan dua orang yaitu Son Ji Chang dan Kim Min-jong. Hingga kini group ini masih aktif.

Tin Tin Five (1993)

Menyusul setahun kemudian ada nama Tin Tin Five yang masuk ke dalam agensi SM Entertainment. Seperti namanya, group ini beranggotakan lima laki-laki yaitu Pyo In-Bong, Lee Woong-Ho, Hong Rocky, Lee Dong-Woo, dan Kim Kyung-Sik. Dan Pyo In-Bong sebagai leadernya.

Kangta (1996)

Tiga tahun berselang masuk salah seorang penyanyi berbakat bernama Kangta yang memulai debutnya pada tahun 1996 bersama SM Entertainment.

BoA (2000)

SM Entertainment pantas berbangga diri karena pernah memiliki artis cantik dengan talenta luar biasa, BoA. Kepopuleran BoA sebagai penyanyi solo tidak hanya di Korea saja, namanya begitu populer di mata Internasional termasuk salah satunya adalah Indonesia.

Dana (2001)

Selain BoA, ada juga penyanyi wanita dengan bakat yang tak kalah luar biasanya dan SM Entertainment adalah agensi yang paling beruntung mendapatkannya. Penyanyi itu bernama Dana yang pada tahun 2001 pernah masuk dalam agensi ini. Hanya saja Dana saat ini kabarnya sudah tidak aktif lagi di dunia hiburan akan tetapi namanya tetap diingat oleh para penggemar k-pop.

Chu Ga Yeol (2002)

Chu Ga Yeol merupakan satu dari banyaknya solois pria terkenal di Korea yang juga pernah melakukan debut bersama SM Entertainment pada tahun 2002.

TVXQ (2003)

Ini adalah boyband yang hanya beranggotakan dua orang saja sama seperti The Blue, mereka adalah Yunho dan Changmin dengan Yunho yang berperan sebagai leader. Hingga saat ini TVXQ masih aktif di dunia tarik suara.

TRAX (2004)

Trax juga beranggotakan dua orang yaitu Jay, Jungmo dengan Jay sebagai leader. Mereka saat ini sudah tidak lagi bersama SM Entertainment. Mereka mulai bergabung dengan agensi ini pada tahun 2004.

The Grace dan Super Junior (2005)

Pada tahun 2005, SM Entertainment memasukkan dua group sekaligus yaitu The Grace dan Super Junior. The Grace adalah girlband yang salah satu anggotanya adalah Dana, hanya saja untuk The Grace mereka sudah dipastikan tidak akan lagi bisa menghibur para penggemar sebab kabarnya mereka telah bubar.

Lainnya halnya dengan The Grace, group yang masuk di tahun yang sama dengan mereka justru masih aktif hingga sekarang dan malah banyak prestasi yang ditorehkan, mereka adalah Super Junior yang beranggotakan 11 orang laki-laki, Leeteuk, Heechul, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun.

Zhang Liyin (2006)

Ini adalah penyanyi solo wanita yang popularitasnya tidak begitu mencorong seperti halnya artis lain di bawah agensi SM Entertainment. Akan tetapi kemampuannya dalam bernyanyi benar-benar diacungi jempol oleh para pengamat musik di Korea.

Iconiq, J-Min, Girls’ Generation (2007)

Di tahun 2007 lalu, SM Entertainment menjalani tahun yang menggembirakan dengan masuknya Iconiq, J-Min dan Girls’ Generation di tahun itu. Hanya saja dari ketiganya, group Girls’ Generationlah yang mampun menorehkan prestasi lumayan, Girls generation yang beranggotakan delapan orang wanita itu pernah sukses di dunia hiburan, mereka adalah Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun. Dan orang yang bertindak sebagai leadernya adalah Taeyeon.

SHINee (2008)

SHINee bisa dibilang adalah satu satu group boyband tersukses asuhan SM Entertainment. Itu terbukti dari kiprah Anggota-anggota SHINee yang tidak hanya populer di dunia tarik suara akan tetapi juga di bidang akting, seperti salah satu contohnya adalah Minho. Mereka mengawali debut bersama SM Entertainment pada tahun 2008, selang setahun dari Girls’ Generation.

Beat Burger dan f(X) (2009)

Dua group yang masuk dalam agensi SM Entertainment pada tahun 2009 adalah Beat Burger dan juga f(X). Beat Burger adalah boy group yang terdiri dari Shim Jae-won, Gregory Hwang (Hwang Sang-hoon), MQ, Stephen Ju (Joo Sung-min), Flash Finger, King Gu (Gu Jong Pil), Park Kyu-yong dan sampai sekarang masih aktif di SM Entertainment.

Sedangkan untuk f(X) ada 4 anggota cewek-cewek cantik diantaranya adalah Victoria, Amber, Luna, Krystal. Victoria bertindak sebagai leader dalam group tersebut.

EXO (2012)

Tahun 2012 inilah yang menjadi tahun keberkahan bagi EM Entertainment. Masuknya group boyband EXO benar-benar memberikan warna berbeda pada musik-musik yang dirilis oleh agensi tersebut. Kehadiran EXO mampu menarik banyak perhatian penggemar dengan musik-musik berkualitas yang mereka miliki, jadi wajar jika EXO-lah satu-satunya grop yang menduduki peringkat atas yang paling sukses dalam agensi SM Entertainment.

Dengan beranggotakan Xiumin, Suho, Lay, Baekhyun, Chen, Chanyeol, D.O., Kai, Sehun ini, reputasi SM Entertainment semakin merangkak naik. Itu terbukti dari antusias para penggemar untuk menyaksikan Film Hyung yang dibintangi oleh salah satu group EXO, D.O.

Henry (2013)

Henry adalah seorang solois pria yang juga ikut menghiasi agensi SM Entertainment. Kepribadiannya yang pendiam membuat dia menjadi artis di SM Entertainment yang disegani oleh artis lainnya selain karena bakatnya dalam bernyanyi yang oke.

Red Velvet, Taemin, dan Zhou Mi (2014)

Sepertinya tahun 2014 juga menjadi tahun keberuntungan SM Entertainment karena telah kedatangan beberapa artis berbakat yang bergabung dengan mereka. Salah satu yang paling populer hingga saat ini adalah Red Velvet yang mana group ini telah dihuni oleh beberapa wanita cantik dengan suara aduhai, mereka adalah Irene, Seulgi, Wendy, Joy, Yeri.

Popularitas Red Velvet bisa dikatakan yang paling menonjol dibandingkan dengan dua artis lainnya yang masuk di tahun yang sama dengan mereka, Yaitu Taemin dan Zhou Mi. Bahkan Red Velvet masuk dalam jajaran artis tersukses di SM Entertainment

Cho Kyuhyun dan Taeyeon (2015)

Taeyeon yang memutuskan untuk keluar dari Girls’ Generation sepertinya masih tidak bisa lepas dari SM Entertainment. Keputusannya untuk melanjutkan karirnya dengan solo akhirnya kembali lagi pada agensi SM Entertainment dan disinilah ia mengawali debut sebagai solois.

Selain itu Taeyeon juga ada nama Cho Kyuhyun yang juga seorang penyanyi solo dan masuk di tahun yang sama dengan Taeyeon. Di tahun 2015 ini SM Entertainment sempat mengalami banyak sekali masalah, salah satunya adalah protes para penggemar karena memasukkan idol dari negara cina, Yiyang dan NingNing. Perekrutan dua artis asal negara cina menjadi konflik SM Entertainment yang banyak mengundang perhatian masyarakat.

Ryeowook, Yesung, NCT (2016)

Ada tiga artis yang diperkenalkan oleh SM Entertainment di tahun 2016 ini, mereka adalah Ryewook, Yesung dan juga group boyband NTC yang beranggotakan Taeil, Taeyong, Yuta, Doyoung, Ten, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Haechan. Ketiganya juga baru saja mengeluarkan album masing-masing sebagai debut mereka bersama SM Entertainment.

Dari daftar diatas, sepertinya hampir setiap tahun SM Entertainment memiliki artis baru. Kira-kira, siapa lagi ya artis yang akan masuk di tahun 2017 mendatang?

Komentar

Loading...