Dampak Negatif Minuman Cepat Saji/Instan Yang Luput Dari Perhatian

Dampak Negatif Minuman Cepat Saji/Instan Yang Luput Dari Perhatian

122

Harianpost.co.id – Kehidupan modern sepertinya banyak mempengaruhi gaya hidup masyarakat terutama dalam hal makanan dan minuman. Kesibukan yang semakin padat membuat seseorang seakan tidak mempunyai waktu untuk sekedar menyajikan makanan atau minuman untuk keluarga mereka. Jaman ini memang benar-benar memberikan tuntutan pada manusia untuk bertindak serba cepat.

Minuman cepat saji
Berbagai macam Minuman cepat saji

Akibatnya, banyak orang yang lebih memilih untuk mendapatkan sesuatu dengan cepat pula, sekalipun itu soal makanan atau minuman. Yang akhirnya berujung pada pemilihan makanan atau minuman yang juga serba cepat alias cepat saji.

Lambat laun, tanpa mereka sadari cara yang sudah mereka piliha itu akan menjadi sebuah kebiasaan. Di sisi lain kebiasaan mengkonsumi makanan dan minuman cepat saji bisa memicu timbulnya penyakit-penyakit di dalam tubuh mereka, parahnya banyak dari mereka yang cuek akan hal itu, mereka bilang “yang penting cepat”.

Oke, cepat di dapat tapi tubuh juga menjadi cepat tidak sehat.

Kali ini kita bukan makanan cepat saji yang akan kita bahas, melainkan minuman cepat saji. Yang mana saking sibuknya seseorang terkadang malas untuk sekedar membuat kopi, teh atau minuman lainnya.

Sedangkan banyak sekali bahaya-bahaya akibat minuman cepat saji, tingkat bahayanya sama dengan ketika kita mengkonsumsi makanan cepat saji. Ditambah lagi, minuman cepat saji itu sekarang ini banyak sekali kita jumpai di toko-toko dan itu artinya sangat mudah mendapatkannya.

Akan tetapi sikap yang tidak bijak dalam mengambil keputusan untuk minum minuman cepat saji bisa menimbulkan resiko yang berbahaya. Ingin tahu apa saja bahaya dari minuman cepat saji? Simak dengan baik agar kalian tahu dan lebih waspada lagi.

Memicu timbulnya penyakit jantung

Ini resiko yang harus diperhatikan dan yang harus mendapatkan perhatian utama bagi kalian yang suka minuman cepat saji. Kandungan gula yang tidak murni plus campuran soda yang ada di dalam minuman cepat saji akan dengan mudah menghambat alirah darah ke dalam jantung kalian.

Dari sini sudah begitu jelas sekali bahwa minuman cepat saji tidak baik bagi kesehatan jantung kalian. Jantung tidak akan bisa bekerja secara maksimal dalam menjalankan perannya memompa darah dengan kondisi seperti itu.

Mudahnya terserang sariawan

Kalian boleh menganggap masalah satu ini sepele atau tidak terlalu berbahaya, tapi kalian pasti tahu bahwa kehadiran sariawan benar-benar sangat mengganggu bukan? Kalian pasti selalu mengira bahwa timbulnya sariawan itu karena kalian kekurangan vitamin C, iya memang benar. Tapi dengan meminum minuman cepat saji, zat yang ada dalam minuman cepat saji itu akan dengan mudah mengakibatkan iritasi mukosa pada rongga mulut.

Sehingga mulut akan dengan mudah juga mengalami iritasi yang diiringi dengan peradangan.

Sakit perut dan gangguan pencernaan

Sudah bukan rahasia lagi jika di dalam minuman cepat saji itu banyak sekali mengandung bahan pengawet, gula yang tidak murni atau buatan, dan juga zat-zat lainnya yang tidak alami. Tahukah kalian bahwa zat-zat tersebut mampu memberikan tekanan pada saraf dan aliran darah? Pasti tidak tahu kan?

Dan itu akan semakin berbahaya jika kalian juga terkena serangan radikal bebas, maka kalian yang tadinya hanya mengalami sakit perut, dalam kondisi seperti itu bahayanya akan meningkat menjadi gangguan pencernaan yang lebih berat lagi seperti lambung bengkak atau lambung yang meradang, dan lain-lain.

Timbulnya penyakit kanker prostat

Ini perhatian bagi kalian yang menyukai kopi dan malas membikin kopi sendiri dan lebih memilih untuk membeli minuman kopi cepat saji. Penyakit kanker prostat akan dengan mudah kalian idap jika terlalu sering minum minuman cepat saji.

Alasannya, di dalam minuman kopi cepat saji itu banyak sekali terdapat zat yang bisa mengkibatkan kerusakan pada sel-sel dalam tubuh. Sel-sel rusak itu kemudian akan menjadi sebuah sel abnormal yang mana itu nanti akan memicu munculnya kanker prostat pada pria. Kami katakan pria sebab yang paling banyak menyukai kopi adalah pria, wanita yang suka minum kopi instan juga tidak menutup kemungkinan akan mengidap penyakit yang sama.

Itulah beberapa dampak negatif dari seringnya meminum minuman cepat saji yang mana dampak itu biasanya kalian sangka timbul karena penyebab lainnya. Dan sekarang kalian tahu kan bahwa minuman cepat saji itu ternyata juga mampu memicu penyakit yang sama? Masih gemar meminum minuman cepat saji? Jangan terlalu sering!

Komentar

Loading...