Tips Dan Strategi Mempertahankan Bisnis Ala Perusahaan Apple

Tips Dan Strategi Mempertahankan Bisnis Ala Perusahaan Apple

625
memuat...

Harianpost.co.id – Harus diakui bahwa perkembangan teknologi sekarang ini semakin maju dengan sangat pesat telah berdampak besar juga pada perkembangan bisnis, dari bisnis lokal sampai internasional, dari bisnis berskala kecil hingga bisnis berskala besar. Bahkan banyak juga perusahaan-perusahaan baru yang muncul dan menjadikan diri mereka sebagai kuda hitam yang siap meruntuhkan kedigdayaan perusahaan-perusahaan yang lebih dulu berdiri.

Tips dan Strategi mempertahankan bisnis
Tips dan Strategi mempertahankan bisnis – foto: pixabay.com

Contohnya tidak perlu jauh-jauh, jika saja kehadiran Go-Jek tidak mendapatkan protes, maka sudah pasti perusahaan taksi konvensional BlueBird akan gulung tikar. Apa penyebabnya? Pemilik Go-jek lebih handal dalam memanfaatkan teknologi.

Ada lagi, bisnis rumahan yang sekarang ini sedang ramai seperti contohnya bisnis catering, nyaris menggusur keberadaan rumah  makan. Dan biang kerok-nya lagi-lagi teknologi.

Masih banyak contoh-contoh lainnya, intinya menjadi pelaku bisnis yang lebih dulu berjalan ternyata tidak lantas harus santai sebab bisnis mereka sudah berjalan dan dikenal banyak orang, perubahan-perubahan yang telah terjadi membuat mereka tidak bisa lari dari ketatnya persaingan bisnis, apalagi lagi sekarang di dukung dengan teknologi.

Dari dua contoh di atas tadi, memang perusahaan baru yang bergerak di bidang jasa dan perdagangan adalah bisnis yang paling sulit persaingannya di era yang serba teknologi seperti sekarang ini.

Jika boleh penulis ibaratkan, anda adalah seorang pemegang gelar juara lari cepat selama 4 tahun berturut-turut tanpa ada kompetitor yang berarti. Di tahun berikutnya ada salah satu pelari yang menemukan teknik akselerasi lebih hebat dari anda, jika anda tetap berpuas diri dengan apa yang anda miliki saat ini yang hanya begitu-begitu saja, bukanlah hal sulit baginya untuk melengserkan anda.

Itu jika hanya satu pelari, bayangkan jika kompetitor dengan teknik akselerasi yang baru dan hebat itu  ada banyak atau hampir semuanya, anda bisa tenggelam tanpa bekas sama sekali. Jadi seperti kata para juara, bahwa “Mempertahankan gelar itu jauh lebih sulit dari pada merebutnya”.

Begitu pula dalam bisnis. Para pesaing bisnis yang baru tidak menutup kemungkinan akan banyak belajar dari perjalanan bisnis yang kita jalankan. Dan kemajuan teknologi semakin membantu mereka untuk lebih mudah mengalahkan bisnis yang sudah terlebih terlebih dahulu ada.

Nah bicara soal teknologi yang menyebabkan persaingan bisnis menjadi semakin ketat, dalam hal ini mungkin pikiran kita akan langsung tertuju pada internet. Mengapa internet? Jika diibaratkan lagi, internet itu bagaikan makanan wajib bagi manusia modern. Selain itu, internet dianggap sebagai pusat dari perkembangan teknologi.

Mau ini itu buka internet, pengen beli ini dan itu buka internet, bahkan orang yang sebelumnya tidak bisa masak sekalipun akhirnya bisa menjadi koki handal gara-gara internet. Percaya atau tidak, penulis sendiri sekarang hampir tidak bisa lepas dari internet.

Ah sudahlah…

Sekarang yang terpenting adalah bagaimana cara mempertahankan bisnis kita dengan hadirnya pesaing-pesaing bisnis yang bisa jadi lebih berkualitas seiring kemajuan teknologi, salah satunya internet.

“Ah buat usaha lain lagi saja untuk mendukung dan menguatkan bisnis kita”, itu sama saja anda bunuh diri Pak.

Jadi apa yang harus kita lakukan? Sepertinya jawabannya sudah sangat jelas, manfaatkan teknologi internet. Nah memanfaatkan internet untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis kita memang sudah banyak sekali yang melakukannya.

Seperti contohnya:

  • Membangung website bisnis
  • Memberikan ulasan yang menarik tentang bisnis kita di internet
  • Membuat komunitas bagi pelanggan, seperti membuat fanpage, group, dan sejenisnya
  • Bakan sampai beriklan di internet
  • Dan lain-lain.

Pertanyaannya, apakah itu semua sudah cukup untuk bertahan dari gempuran-gempuran pesaing kita? Jelas tidak. Kita juga memerlukan teknik marketing yang benar-benar berbeda dan jarang sekali dilakukan oleh pesaing kita.

Mengapa kita perlu berbeda? Kenapa tidak disamakan saja toh teknik yang sudah mereka jalankan terbukti berhasil, iya to?

Jika memang begitu, sekarang penulis ingin bertanya balik, sempatkah kita berpikir apa sih yang membuat teknik mereka itu bisa bekerja dan berhasil? Jawabannya pasti mereka punya teknik rahasia bisnis yang berbeda yang mana jarang dilakukan oleh pesaing atau justru belum pernah ada pesaing yang melakukannya.

Teknik rahasia macam gimana? Ya mana ane tahu bang.

Logikanya begini, jika anda membocorkan teknik rahasia pada pesaing anda, bukankah itu artinya anda sama saja dengan menyuruh istri anda buka baju di muka umum? Yang anda dapatkan bukan lagi strategi gratis, melainkan bogem mentah gratis.

Tapi tidak perlu khawatir, kali ini penulis akan bocorkan teknik rahasia (yang sempat bocor) dari perusahaan teknologi besar dan terkenal di dunia. Apa itu? Apple

Jika kita mau meneliti lebih dalam lagi apa yang membuat perusahaan tersebut bisa berdiri bahkan bisa mengalahkan para pendahulunya, ternyata mereka punya 3 teknik marketing rahasia yang membuat bisnis mereka berkembang dengan cepat.

Ini catatan penting bagi kita yang menjalankan bisnis terutama di bidang perdagangan dan jasa. Jadi, simak baik-baik ya.

Well…

Yang pertama, mereka tidak fokus pada penentuan harga produk, akan tetapi mereka lebih memfokuskan pada keunikan produknya

Kita pasti sudah tahu jika harga dari produk-produk apple itu tingginya selangit, apapun jenis produk tersebut entah itu smartphone, laptop, mp3 player, dll rata-rata harganya pasti lebih tinggi dari para pesaingnya. Mereka sama sekali tidak pernah peduli dengan pesaing yang justru berlomba-lomba untuk banting harga demi mendapatkan penjualan.

Alasannya sangat sederhana, mereka tidak mau terkecoh dan terjebak dalam persaingan harga.

Mau bukti lagi? Jika anda suka jalan-jalan di instagram, coba anda lihat beberapa pemilik butik pakaian yang sekarang ini sedang melejit seperti roket. Salah satunya dian pelangi. Harga setiap jenis pakaian yang mereka tawarkan benar-benar membuat kantong cepat kosong.

Mereka menawarkan produk dengan kualitas tinggi dan unik yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Faktanya, bukan kebangkrutan yang mereka alami, justru sebaliknya. Sayangnya, jarang sekali pelaku bisnis yang menerapkan teknik seperti ini hanya karena alasan agar produk mereka bisa laku dengan harga terjangkau.

Yang kedua, dari keunikan yang mereka ciptakan, mereka juga sekaligus ingin membuat para pelanggan mendapatkan pengalaman atau kesan yang positif

Dengan mereka bisa menciptakan sebuah pengalaman yang positif pada pelanggannya, maka secara tidak langsung akan muncul juga sebuah kesan-kesan yang berbeda dan tidak menutup kemungkinan bisa menarik pelanggan untuk kembali lagi pada mereka dengan senang hati.

Jadi intinya, mereka tidak hanya fokus pada berapa banyak mereka bisa menciptakan produk dalam satu waktu, namun mereka lebih memilih untuk membuat produk yang bisa memberikan banyak pengalaman menyenangkan.

Menciptakan satu produk yang menghasilkan banyak pengalaman positif lebih baik dari pada menciptakan banyak produk yang menghasilkan banyak pengalaman buruk.

Yang ketiga dan merupakan teknik yang terakhir, mereka justru menutup rapat segala informasi tentang produk yang mereka keluarkan

Lho kok malah ditutup? Ya. Tapi teknik ini tidak direkomndasikan bagi bisnis yang masih baru, hanya untuk bisnis yang sudah lama berjalan atau sudah banyak dikenal. Sekarang coba kita ingat kembali, apple pernah meluncurkan sebuah iPhone, yang mana ketika itu apple juga menutup rapat-rapat semua informasi yang menyangkut iPhone tersebut.

Hasilnya, luar biasa.

Rasa penasaran konsumen sangat menggebu-nggebu, dan salah satu cara untuk membuktikannya hanyalah dengan membeli produk tersebut. Ini salah satu teknik yang jarang sekali dilakukan pelaku bisnis karena mereka takut.

Tapi satu hal perlu diingat bahwa untuk menerapkan teknik yang terakhir ini, anda telebih dahulu musti, wajib dan harus berhasil dalam menerapkan dua teknik sebelumnya.

Jadi, jika ketiga teknik langka ini bisa anda terapkan pada bisnis anda, tidak menutup kemungkinan pesaing bisnis anda akan kesulitan untuk mengejar anda. Terus gali celah-celah yang ada di sekitar anda untuk bisa tetap berdiri di tengah-tengah kerasnya persaingan bisnis. Jika tidak, bisnis anda bisa menjadi tulisan sejarah saja itupun hanya di dalam diary harian anda sendiri.

Komentar

Loading...