Spesifikasi Smartphone Nokia 6 Dengan Android Nougat Terbaru

Spesifikasi Smartphone Nokia 6 Dengan Android Nougat Terbaru

266

Harianpost.co.id – Penantian para penggemar nokia akhirnya berakhir sudah. Ya, sepertinya Nokia memang memiliki penggemar setia yang mana mereka sudah lama sekali puasa gadget dan saat ini mereka bisa kembali merasakan smartphone kesayangan mereka hadir kembali di pasaran. Nokia secara resmi telah mengumumkan ‘comeback’ mereka di bawah pengelolaan perusahaan yang juga baru, HMD Global yang pada tahun 2016 silam mereka mendapatkan hak lisensi atas merk Nokia.

Nokia 6 Smartphone Android Nougat
Nokia 6 Smartphone Android Nougat – foto: beritateknologi.com

Smartphone terbaru keluaran Nokia ini kabarnya diberi nama Nokia 6, dan ini adalah produk pertama Nokia di bawah perusahaan HMD Global. Kabar baiknya, Nokia 6 sudah dirilis ke pasaran. Hanya saja kabar buruknya, Nokia 6 tersebut kabarnya masih dipasarkan di China untuk sementara waktu ini. Namun tidak perlu khawatir, sebab kemungkinan besar Nokia 6 tersebut juga akan dirilis di beberapa Negara, termasuk Indonesia.

HMD Global adalah salah satu perusahaan yang berbasis di Finlandia yang pendirinya tak lain adalah mantan karyawan Nokia sendiri dan pernah bekerja di perusahaan multimedia terbesar di dunia, Microsoft. HMD Global sekarang sudah berhasil menghadirkan smartphone android terbaru berkat kerja samanya dengan Foxconn dalam hal produksi.

Jauh-jauh hari sebelumnya, HMD Global memang sudah menjadikan Negara China sebagai target utama mereka untuk memasarkan Smartphone android Nokia 6, sebab pengguna ponsel di Negara ini bisa dibilang adalah yang paling gemuk. Bayangkan saja, di tahun 2016 saja sudah tercatat ada sekitar 552 juta pengguna smartphone, dan diprediksi untuk tahun 2017 ini akan semakin meningkatkan sekitar 593 juta pengguna smartphone.

Bagaimana dengan spesifikasi smartphone Nokia 6? Mulai dari penampilan luar, smartphone Nokia 6 ini nanti akan dibekali dengan bodi aluminium unibodi yang memiliki kualitas premium. Untuk ukuran layarnya, smartphone Nokia 6 ini hadir dengan layar seluas 5.5 inci plus resolusi Full HD, layar smartphone Nokia 6 ini juga terbuat dari Gorilla Glass yang terkenal anti gores.

Di bagian CPU, smartphone Nokia 6 ini akan mengusung spesifikasi yang bisa dibilang smartphone kelas menengah. Sebab untuk chipsetnya, smartphone Nokia 6 ini masih menggunakan Snapdragon 430 akan tetapi sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Sementara itu bagian audio, smartphone Nokia 6 tampaknya ingin tampil lebih garang dari smartphone lainnya dengan melengkapi smartphone tersebut dengan dual amplifier yang bisa menghasilkan suara 6db serta lengkap dengan teknologi Dolby Atmos. Jadi wajar jika smartphone Nokia 6 ini nanti bisa lebih unggul dalam hal audio dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Jika di bagian CPU-nya agak mengecewakan, bukan berarti spesifikasi lainnya juga sama mengecewakannya. Smartphone Nokia 6 ini tidak ingin kalah dengan smartphone lainnya dengan membenamkan RAM yang berkapasitas 4GB, yang didukung dengan media penyimpanan internalnya sebesar 64GB. Cukup besar untuk smartphone kelas menengah.

Di bagian operating system-nya, Smartphone Nokia 6 ini akan menggunakan OS Android terbaru versi 7.0 Nougat. Nah, jika dilihat dari besarnya RAM, media penyimpanan internal dan OS-nya, sepertinya Smartphone Nokia 6 ini lebih mengedepankan ‘fungsionalitas’ secara umum. Itu mungkin saja didasari dengan melihat kebutuhan masyarakat yang hampir semuanya membutuhkan dukungan kapasitas penyimpanan yang besar dan multitasking.

Ada satu yang masih kurang, kamera. Di bagian fotografi, Smartphone Nokia 6 bisa dikatakan masih bisa bersiang dengan smarpthone lainnya dengan membenamkan kamera beresolusi 16MP untuk kamera utama (bagian belakang) yang lengkap dengan phase detection auto focus. Sedangkan untuk kamera depannya memiliki resolusi 8MP untuk keperluan selfie dan video call.

Dan yang terakhir adalah harganya. Smartphone Nokia 6 yang pada awal tahun 2017 ini sudah mulai dirilis dibanderol dengan seharga 246 USD atau setara dengan uang sekitar 3.2 juta rupiah. Satu pertanyaan penting, jika saja Smartphone Nokia 6 ini benar-benar dipasarkan di Indonesia, apakah kalian yang dulu penggemar Nokia juga akan membeli produk smarpthone terbaru Nokia itu? (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...