Daftar Wisata Kota Wonogiri Yang Bikin Liburanmu Berkesan

Daftar Wisata Kota Wonogiri Yang Bikin Liburanmu Berkesan

778
memuat...

Harianpost.co.id – Kabupaten Wonogiri termasuk kota yang berada diujung paling timur selatan provinsi Jawa Tengah, sebab di timur Kabupaten wonogiri ini sudah masuk Provinsi Jawa Timur dengan tiga kotanya yaitu Ponorogo, Pacitan, dan Magetan. Sebelah selatan kabupaten Wonogiri ini adalah Samudera Indonesia, jadi wajar jika Wonogiri juga memiliki wisata pantai yang tak kalah hebat dan tak kalah indah dengan pantai-pantai di kota lain.

Hanya saja, pihak pemerintah Wonogiri sepertinya masih belum bisa menata tempat-tempat pariwisatanya dengan baik sehingga membuat pantai yang ada di kota tersebut menjadi kurang terkenal. Padahal, pantai yang ada di kota Wonogiri ini indahnya bukan main.

Kalian pasti penasaran seberapa indah wisata-wisata pantai di wonogiri, nah berikut ini admin harianpost sudah merangkum beberapa tempat wisata yang ada di kota wonogiri yang pasti akan membuat liburan kalian bersama teman-teman dan keluarga menjadi lebih berkesan.

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri
Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Sebelum membahas tentang pantai-pantai yang ada di wonogiri, sepertinya tidak akan lengkap jika kita tidak memasukkan waduk gajah mungkur ini ke dalam daftar wisata kota wonogiri yang ingin kalian kunjungi. Sebab, waduk gajah mungkur ini merupakan ikon dari kota Wonogiri yang jaraknya sekitar 3 km dari pusat kota wonogiri.

Seperti kebanyakan waduk dan bendungan besar yang ada di kota lain, waduh gajah mungkur ini sejatinya juga dibangun untuk keperluan pertanian sebagai tempat untuk men-supply kebutuhan air. Tapi karena tempat ini juga di bangun sedemikian cantik, jadilah tempat ini juga menjadi tujuan wisata.

Wisata Pantai Nampu

Wisata Pantai Nampu
Wisata Pantai Nampu

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas tadi bahwa Wonogiri memang memiliki wisata pantai yang indah, seperti contohnya pantai Nampu yang terkenal dengan keindahan pasir putihnya dan berhiaskan batu-batu karang yang indah dan cantik. Pantai Nampu ini tergolong pantai yang masih alami dengan pemandangan asri serta suhu yang sangat sejuk sekali.

Letak pantai nampu ini ada di kecamatan paranggupito, dan kalian bisa menikmati keindahannya dengan hanya mengeluarkan biaya masuk sektiar 2000 rupiah saja. Murah kan?

Wisata Pantai Banyutowo

Wisata Pantai Banyutowo
Wisata Pantai Banyutowo

Satu lagi wisata pantai yang terletak di kecamatan paranggupito, yaitu pantai Banyutowo. Kata ‘banyutowo’ diambil dari bahasa jawa yang artinya “air tawar”, dinamakan seperti itu sebab air dari pantai banyutowo ini sangat unik. Jika kebanyakan air laut itu rasanya asin, maka rasa air di pantai Banyutowo ini hampir sama dengan rasa air tawar biasa. Itu disebabkan karena banyaknya sungai yang bermuara di sekitar pantai banyutowo.

Selain memiliki keunikan airnya, pantai ini juga terkenal dengan keindahan alamnya yang dihiasi dengan batu-batu karang yang lumayan besar. Jadi, sangat disayangkan jika kalian tidak mencoba untuk menikmati pemandangan di pantai ini.

Wisata Pantai Sembukan

Wisata Pantai Sembukan
Wisata Pantai Sembukan

Kecamatan pranggupito sepertinya menjadi tempat berkumpulnya pantai-pantai yang ada di kota wonogiri, sebab selain pantai banyutowo dan pantai nampu, masih ada lagi pantai yang juga menawarkan keindahan alam luar biasa indahnya, yaitu pantai Sembukan. Namanya mirip dengan nama salah satu daun, yaitu daun sembukan. Sebab di sekitar pantai ini banyak sekali tumbuh pohon sembukan yang biasa dijadikan orang jawa sebagai bahan makanan.

Kalian yang berkunjung ke pantai sembukan ini juga bisa sekaligus melakukan aktifitas memancing, banyak sekali orang-orang yang berkunjung kesini yang menikmati keindahan pantai sambil memancing ikan, wah tentu sangat menyenangkan ya.

Wisata Goa Putri Kencono

Wisata Goa Putri Kencono
Wisata Goa Putri Kencono

Wonogiri ternyata tidak hanya terkenal dengan pantainya saja, akan tetapi di kota ini juga terdapat sebuah gua dengan stalagmit dan stalagtit mengagumkan yang tak kalah indah dengan gua lowo (Trenggalek – Jawa Timur). Gua ini menawarkan keunikan tersendiri, sebab gua putri kencono ini memiliki ruang di dalamnya yang sangat luas, sekitar 1000m2.

Keberadaan gua putri kencono ini sektiar 40 km dari pusat kota wonogiri tepatnya di desa wonodadi kecamatan pacrimantoro.

Itulah beberapa temapt wisata di kota wonogiri yang saat ini ternyata juga semakin populer di kalangan masyarakat Wonogiri sendiri dan juga populer di bagi masyarakat luar kota. Kalian yang berada di dekat kota Wonogiri, sepertinya wajib berkunjung kesana. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...