Tips Cegah Terjadinya Kanker Serviks

Tips Cegah Terjadinya Kanker Serviks

785

Tips-Cegah-Terjadinya-Kanker-Serviks

Harianpost.co.id – Kanker mulut rahim atau yang lebih dikenal dengan kanker serviks menjadi penyakit yang paling ditakuti wanita. Pasalnya penyakit mematikan tersebut menyerang bagian yang vital bagi seorang wanita, yaitu alat reproduksi.

Kanker serviks menjadi parah apabila wanita tidak mengetahui ciri-cirinya sehingga tidak ada deteksi dini. Ini menjadi bagian yang paling fatal karena jenis kanker ini menyebar sangat cepat ke seluruh bagian tubuh.

Pra-kanker serviks masih bisa disembuhkan dengan catatan diketahui lebih awal tentang tanda-tanda datangnya kanker tersebut.  Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSU NAsional Dr.Cipto Mangunkusumo, Andi Darma Putra, mengatakan dengan deteksi dini pra-kanker serviks bisa sembuh secara total. Deteksi kanker serviks bisa dilakukan melalui papsmear atau Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA).

Dr. Laila Nuranna, SpOG (K) menambahkan bahwa kebanyakan perempuan baru memeriksakan dirinya saat sudah terkena kanker dan sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. Salah satu gejala yang muncul biasanya berupa pendarahan pada vagina.

Dokter masih jarang menemukan wanita yang mau melakukan pemeriksaan terhadap vagina. Kebanyakan dari mereka merasa tidak nyaman jika memeriksakan kesehatan organ reproduksi mereka, padahal hal tersebut merupakan hal paling penting untuk mencegah datangnya kanker serviks atau mencegah kanker serviks lebih parah.

Untuk mencegah datangnya kanker serviks, wanita bisa melakukan cek setidaknya lima tahun sekali untuk kesehatan reproduksi. Atau bisa saja dengan memberikan vaksin sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Karena kanker serviks disebakan oleh virus, maka virus tersebut harus diberantas dnegan pengecekan rutin.

Sebenarnya virus Human Papilloma Virus (HPV) hidup di permukaan kulit, bisa kulit kelamin maupun kulit tangan. Jenis virus ini bisa saja tersapu oleh air mengalur, namun bahayanya jika virus sudah mulai masuk ke bagian dalam tubuh seperti rahim. Kanker serviks nyatanya sudah menyebabkan tingkat kematian pada wanita meningkat.

Baca juga:

5 Langkah Awal Mencegah Kanker Payudara

Waspada! Kenali Ciri-Ciri Keputihan Berbahaya

Manfaat Keladi Tikus Sebagai Obat Kanker

 

Komentar

Loading...