Kentang Rebus atau Kentang Goreng Sama Tak Sehatnya?

Kentang Rebus atau Kentang Goreng Sama Tak Sehatnya?

495

Kentang-Rebus-atau-Kentang-Goreng-Sama-Tak-Sehatnya

Harianpost.co.id Resiko terjadinya tekanan darah tinggi ternyata dapat timbul dari konsumsi kentang, dalam bentuk apapun itu. Ternyata mengkonsumsi kentang tumbuk, rebus bahkan panggang yang selama ini mungkin Anda gunakan sebagai pengganti nasi sama buruknya dengan mengkonsumsinya dalam bentuk kripik penuh lemak yang sudah melalui proses penggorengan.

Keripik kentang selama ini dipercaya memiliki lemak lebih banyak akibat proses penggorengan sehingga resiko untuk menimbulkan penyakit juga semakin tinggi. Namun beberapa peneliti dari Harvard Medical School mmeiliki pemikiran jika mengkonsumsi entang secara berlebih, maka akan menimbulkan masalah kesehatan terutama tekanan darah. Tak peduli apapun bentuknya.

Sekarang yang menjadi masalah adalah bukan bagaimana cara kita memasak dan memakannya. Yang menjadi masalah selama ini justru kandungan pati dalam kentang tersebut. Kentang memilki indeks glikemik yang tinggi, sama halnya dengan karbohidrat tepung yang mampu berubah cepat menjadi gula dalam tubuh.

Peneliti dari Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston bernama Massachusetts menyatakan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi melepas energi lebih cepat sehingga meningkatkan gula darah juga lebih cepat. Berdasarkan fakta tersebut, Massachusetts menyarankan untuk tidak menggunakan kentang sebagai pengganti nasi atau bahkan sayuran.

Namun demikian, tak semua peneliti mengiyakan pernyataan tersebut. Peneliti dari University of New South Wales misalnya, dia menyatakan bahwa akan banyak pernyataan yang muncul mengenai mana makanan yang baik atau tidak untuk dikonsumsi, termasuk kentang tersebut.

“Ini merupakan tantangan utama bagi dokter, tidak hanya harus tahu bagaimana menanggapi pertanyaan pasien tapi juga memberikan nasihat tentang diet yang baik untuk menurunkan risiko penyakit,” kata mereka dikutip dari Daily Mail, Rabu (18/5/2016)

Victoria Taylor selaku Pakar Gizi dari British Heart Foundation juga menambahakan, hasil akhir mengenai penyakit tekanan darah tinggi ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor lain. Tidak hanya dari bagaimana cara kita memproses kentang untuk dimakan, entah ditumbuk atau digoreng.

Baca juga:

Diet Cepat Bagi Yang Tidak Suka Olahraga

Hindari Infeksi Jamur, Jangan Lakukan Kegiatan Ini Usai Olahraga

Ingin Secantik Artis Korea? Ini Tipsnya!

 

Komentar

Loading...