Mungkinkah Seseorang Selamat dari Momok Serangan Jantung?

Mungkinkah Seseorang Selamat dari Momok Serangan Jantung?

222

Tips-Sederhana-Menjaga-Kesehatan-Jantung

Harianpost.co.id Berita kematian atas penyanyi senior Deddy Dores sontak mengagetkan masyarakat Indonesia. Almarhum yang meninggal secara tiba–tiba akibat serangan jantung. Belajar dari kasus tersebut, beberapa ahli kardiovaskuler telah mengungkapkan pernytaaan yang cukup menarik. Mereka menyatakan jika sebenarnya pasien jantung dapat selamat dari ancaman kematian dengan mengkonsumsi statin.

“Dalam studi kami, sebanyak 87 persen pasien jantung tidak menerima intervensi sehingga risiko kematian dini lebih tinggi,” kata Associate professor of cardiovascular health sciences di Leeds Institute of Cardiovascular and Metabolic Medicine, Dr.Chris Gale, seperti dikutip Dailymail, Rabu (18/5/2016).

Namun Gale menyatakan bahwa yang menjadi sorotan sebenarnya adalah tidak adanya perawatan dan pengawasan tentang pemberian statin pada pasien. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pasien yang keluar dari rumah sakit tanpa resep statin-penurun kolesterol.

Konsultan ahli jantung dari Rumah sakit Royal Brompton, Prof. Martin Cowie juga menerangkan jika pasien jantung biasanya memiliki gejala khas seperti nyeri dada yang parah yang menjalar ke rahang, bahu dan lengan bersamaan dengan keringat dan sesak nafas.

Sedangkan serangan jantung ringan memiliki gejala seperti angina (nyeri dada atau keidaknyamanan, mual dan pusing) yang dapat muncul dan hilang kapan saja. Akan tetapi, keduanya dapat berakibat fatal.

Cowie juga mengatakan jika pasien yang menderita penyakit jantung, harus dilakukan penanganan segera atau dapat juga diresepkan beta blockers. Hal tersebut sudah ditetapkan dalam pedoman kesehatan.

Profesor Peter Weissberg selaku Direktur medis dari British Heart Foundation mengatakan, statin dapat membantu mengurangi resiko serangan jantung lebih lanjut, namun penelitian terbaru ini menunjukkan beberapa orang tidak diresepkan.

“Paramedis terlatih harus bisa menentukan serangan jantung yang serius dengan menggunakan EKG. Sebab ada perbedaan pengobatan dan kecepatan pengobatan yang membuat perawatan dapat berjalan,” katanya.

Dilaporkan tiap tujuh menit satu orang Inggris akan mengalami serangan jantung. Dalam setahun, terhitung 50.000 dan 32.000 akan terkena serangan jantung dan sepertiganya akan meninggal.

Penyakit kardiovaskuler secara global merupakan jenis penyakit yang menyebabkan kematian nomor satu tiap tahunnya. Penyakit tersebut terjadi akibat kebiasaan buruk mengkonsumsi junk fook, strees dan juga rokok.

Baca juga:

Tangan Berkeringat Tanda Jantung Lemah? Belum Tentu!

Bayi Menangis Sampai Membiru, Waspada Ada Kelainan Jantung!

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

 

Komentar

Loading...