Kartu Pintar, Solusi Subsidi Jauh Dari Penyelewengan

Kartu Pintar, Solusi Subsidi Jauh Dari Penyelewengan

209

Kartu-Pintar-Solusi-Subsidi-Jauh-dari-Penyelewengan

Harianpost.co.id Kartu Pintar (smart card) menjadi salah satu cara yang ditempuh oleh Pemerintah Indonesia guna melakukan reformasi fiskal dengan membenahi penyaluran subsidi ke masyarakat miskin. Dengan penggunaan kartu pintar ini, diharapkan penyelewengan seperti terjadinya korupsi dalam proses penyaluran subsidi dapat diminimalisir.

Bambang Brodjonegoro selaku menteri Keuangan menyatakan bahwa pemerintah telah melakukan inovasi agar target pembangunan atau kesejahteraan masyarakat dapat segera tercapai. Cara yang ditempuh yaitu dengan mengeluarkan kartu pintar. Adapun program yang sudah mulai digalakkan yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

“Kita kenalkan smart card sebagai bentuk dukungan pemerintah langsung ke masyarakat. Isinya dukungan pendidikan, buat beli buku, biaya sekolah, buat kesehatan, biaya check up ibu hamil, beli pupuk supaya lebih murah,” ujar Bambang, Rabu (18/5/2016).

Praktik–praktik korupsi dan penyelewengan yang terjadi pada program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang lalu, akan diminimalisir atau mungkin diberantas sama sekali dengan keluarnya program kartu pintar. Dengan keluarnya kartu ini, Bambang mengharapkan penyaluran bantuan akan lebih tepat sasaran dan terhindar dari penggunaan yang tak sesuai dengan program.

Bambang juga menyatakan jika pemerintah sampai sekarang pun masih berusaha untuk memperbaiki pemanfaatan kartu pintar tersebut. Ia menjelaskan jika dalam waktu dekat, kartu pintar dapat digunakan untuk membeli voucher atau token listrik dan juga beras. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Baca juga:

Info Pendidikan: Pendaftaran SBMPTN Dibuka Tanggal 25 April Hingga 20 Mei 2016

Ciptakan Kerja Sama Ekonomi Modern, Indonesia Gandeng Autralia

Samsung Gelar Kompetisi Teknologi untuk Mahasiswa Indonesia

 

Komentar

Loading...