Setelah Danau Toba, Gunung Rinjani Susul Status Geopark Dunia

Setelah Danau Toba, Gunung Rinjani Susul Status Geopark Dunia

559
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Harianpost.co.id Beberapa waktu yang lalu, Danau Toba telah berhasil menjadi Geopark Dunia. Kabar menggembirakan dengan nada serupa nampaknya akan hadir kembali. Informasi yang beredar menyatakan bahwa Gunung Rinjani juga akan menjadi taman dunia. Taman dunia atau geopark sendiri merupakan konsep pengembangan pariwisata berkelanjutan yang memadukan antara pariwisata, keragaman alam dan juga konservasi.

Dikutip dari Liputan6.com, Kamis (19/5/2016), Tim Asesor dari UNESCO akan melakukan kegiatan misi evaluasi dan juga penilaian secara langsung tentang kelayakan Gunung Rinjani menjadi salah satu daftar geopark dunia pekan depan.

Arief Yahya selaku menteri pariwisata menyambut gembira tentang hadirnya berita tersebut, karena dengan gelar yang disandangnya, diharapkan pariwisata di Lombok akan berkembang dengan pesat.

“Lombok adalah destinasi halal. Originasi utama wisata halal adalah Timur Tengah. Dan orang Timur Tengah paling suka dengan suasa hijau di musim penghujan,” kata Menteri Arief.

Jika dilihat dari total luasnya, keseluruhan area geopark Gunung Rinjani mencangkup kawasan seluas 2.800 kilometer persegi. Keseluruhan are tersebut masuk dalam wilayah seluruh kabupaten Lombok Utara, bagian utara Lombok Barat, bagian utara Lombok Tengah, bagian utara kota Mataram dan bagian utara dan timur Lombok Timur. Dilihat dari persyaratan yang diajukan, setidaknya Gunung Rinjani sudah mengantongi tiga syarat tersebut, yaitukeanekaragaman hayati, keanekaragaman geologi dan keanekaragaman budaya.

Jika Gunung Rinjani benar–benar berhasil dinobatkan menjadi geopark dunia, tentu akan sangat berdampak pada pariwisata Indonesia pada umumnya dan Lombok khususnya. Gunung Rinjani akan menjadi salah satu destinasi wisata andalan Nusa tenggara Barat. Pihak Kemenpar dan juga stakeholder pariwisata sanga optimis jika akan terjadi lonjakan pengunjung, mengingat akan ada dukungan promosi pula dari pihak UNESCO.

Baca juga:

10 Daftar Gedung Tertinggi di Indonesia

10 Jenis Kuliner Malang Yang Wajib Dicoba

10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Indonesia

 

Komentar

Loading...