Bakteri ‘Superbugs’ Ancam Bunuh Orang Tiap 3 Detik

Bakteri ‘Superbugs’ Ancam Bunuh Orang Tiap 3 Detik

167

Bakteri-Superbugs-Ancam-Bunuh-Orang-Tiap-3-Detik

Harianpost.co.idSuperbugs atau bakteri yang resisten terhadap antibiotik ini diperkirakan mampu membunuh satu orang tiap tiga detik pada tahun 2050 mendatang. Hal tersebut kemungkinan akan terjadi jika tak ada tindakan yang dilakukan dari sekarang.

Dilansir dari Review on Antrimicrobial Resistance yang telah melakukan riset sejak tahun 2014 lalu ini mengemukakan jika lebih dari 1 juta orang meninggal akibat dari bakteri tersebut. Kejadian ini timbul akibat belum maksimalnya pengembangan penemuan antibiotik baru dan masih menggunakan antibiotik secara tak rasional.

Dalam ulasan tersebut juga disebutkan jika situasinya akan memburuk dengan perkiraan 10 juta orang akan meninggal tiap tahunnya dari resistensi antimikroba (AMR) pada tahun 2050 mendatang.

Untuk mengatasi kejadian tersebut, setidakya diperlukan dana sekitar US$ 100 triliun, seperti dikutip dari BBC, Kamis (19/5/2016). Diperkirakan diperlukan biaya hingga US$ 100 triliun atau Rp 1,352 juta triliun untuk mengatasinya.

“Kami butuh menginformasikan hal ini dengan cara yang berbeda ke seluruh dunia, mengapa sangat penting untuk tidak menggunakan antibiotik seperti mengonsumsi permen,” ujar ekonom yang memimpin ulasan tersebut, Lord Jim O’Neil, kepada BBC.

Lord juga menambahkan jika semua orang harus berani keluar dari zona nyaman untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut. Prosedur kesehatan yang membutuhkan obat–obat tersebut seperti operasi usus buntu atau melahirkan akan beresiko membunuh lebih tinggi apabila penyebaran bakteri yang resisten ini semakin meluas sedangkan antibiotik yang baru tak segera ditemukan.

Baca juga:

Penyakit Ginjal Misterius di Kalangan Petani, Apa Penyebabnya?

Mengenal Lebih Dalam Penyakit Parkinson

Kopi Hitam, Hindarkan Penyakit Pikun Di Masa Tua

 

Komentar

Loading...