WHO: Indonesia Sukses Eliminasi Neonatal Tetanus Pada Ibu Melahirkan

WHO: Indonesia Sukses Eliminasi Neonatal Tetanus Pada Ibu Melahirkan

373

WHO-Indonesia-Sukses-Eliminasi-Neonatal-Tetanus-pada-Ibu-Melahirkan

Harianpost.co.id Secara resmi pihak WHO, UNICEF dan juga UNPA telah memberikan validasi tentang Indonesia yang berhasil mengeliminasi tetanus pada ibu dan bayi baru lahir maternal neonatal tetanus (MNT).

Atas pencapaian yang telah diperoleh Indonesia, ketiga lembaga tersebut memberikan selamat kepada Pemerintah. Pencapaian besar tersebut menandakan kemampuan Indonesia dalam mengikis tidak meratanya cakupan imunisasi walaupun dalam prosesnya banyak sekali tantangan besar yang menghadang, misalnya dalam proses peayanan kesehatan bagi masyarakat terpencil.

“Kondisi geografis di Indonesia sangat sulit. Kami senang dan lega karena kerja keras kita bersama membawa Indonesia berhasil eliminasi tetanus. Bahkan di daerah yang sulit, seperti di Papua dan Papua Barat, eliminasi tetanus bisa tercapai. Kita harus mempertahankan hal ini dengan tetap melakukan imunisasi antitetanus terutama pada ibu hamil,” ujar Menkes saat menerima tim validasi di kantornya, Kamis (19/5/2016).

Dr.Jihane Tawilah sebagai wakil untuk Indonesia dari pihak WHO menyatakan bahwa tercapainya status eliminasi tersebut merupakan gambaran dari sebuah situasi neonatal yang terjadi saat ini. Kesenjangan kesehatan di masyarakat dan juga imunisasi dapat ditunjukkan dengan adanya tetanus neonantal.

Tawilah menyatakan jika kelompok masyarakat dengan pendidikan rendah serta ekonomi yang rendah pula lebih rentang terkena MNT tersebut. Dengan adanyaeliminasi MNT berarti  menunjukkan jika Indonesia telah mampu menyediakan fasilitas serta akses imunisasi lebih baik.

Walaupun neonatal tetanus disebut sebagai “silent killer”, namum nyatanya penyakit ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin tetanus toxoid (TT) secara tepat waktu. Selain itu, diharuskan pula menjaga kebersihan tempat untuk bersalin.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan negara terakhir di regional Asia yang bebas MNT. Indonesia pernah menjadi 1 dari 59 negara dengan resiko neonatal tetanus paling tinggi pada tahun 1988. Dengan pencapaiannya saat ini, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat kurang dari 1 kasus neonatal tetanus per 1000 kelahiran tiap daerahnya.

Baca juga:

4 Manfaat Buah Cermai bagi Ibu Hamil

Bahaya Penggunaan Kosmetik Pada Ibu Hamil

Cara Mudah dan Cepat Hamil Anak Perempuan

 

Komentar

Loading...