Tips Cegah Kulit Kering dan Pecah-Pecah

Tips Cegah Kulit Kering dan Pecah-Pecah

347

Tips-Cegah-Kulit-Kering-dan-Pecah-Pecah

Harianpost.co.id Penyebab terjadinya kulit kering dan juga pecah–pecah dapat berupa apa saja. Seorang dokter ahli mengatakan jika alergi hingga sinar matahari dapat memicu timbulnya kulit kering yang berujung pecah-pecah.

“Kalau suatu iritasi yang terus berulang-ulang terpapar atau kena bahan yang sama maka reaksinya akan makin parah. Awalnya dari kering, makin lama jadi pecah-pecah, makin keras dan akan bisa berdarah,” tutur dr.I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK dari D&I Skin Centre, Denpasar.

Guna menghindari terjadinya kulit kering, maka sangat penting untuk melakukan yang namanya pencegahan. Berdasarkan rangkuman dari beberapa sumber, terdapat sedikitnya 6 cara untuk mencegah kulit menjadi kering dan juga pecah–pecah:

Pelembab

Untuk merawat serta mencegah terjadinya iritasi pada kulit, Anda bisa memanfaatkan krim pelembab. Cara pengaplikasiaanya pun sangat mudah, cukup oleskan krim tersebut di kaki atau tangan yang rawan kering dan pecah–pecah seusai mandi.

Sarung tangan

Bagi Anda yang memiliki penyakit alergi saat bersentuhan terhadap sesuatu, ada baiknya untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukan berbagai kegiatan yang rentan, seperti cuci piring atau baju. Saat menggunakan sarung tangan, ada baiknya jika Anda menggunakan sarung tangan bahan kain terlebih dahulu baru menggunakan sarung tangan bahan karet.

Persingkat mandi

Kadar minyak alami dalam kulit dapat berkurang jika Anda sering mandi dalam waktu yang cukup lama. Jika hal tersebut terjadi, maka kulit akan menjadi kering dan mulai mudah pecah. Untuk itu, dianjurkan mandi kurang dari 10 menit dengan penggunaan air bersuhu sedang.

Tabir surya

Menggunakan tabir surya ternyata tak hanya untuk melindungi kulit  dari sinar ultraviolet. Jika Anda sering menggunakannya pada waktu dan dosis yang tepat maka kulit kering karena paparan sinar matahari pun akan dapat dihindari.

Cuci tangan seperlunya

Ternyata terlalu sering mencuci tangan justru tidak bagus bagi kesehatan kulit karena akan membuatnya semakin kering. Untuk itu, dianjurkan untuk mencuci tangan seperlunya saja seperti sebelum dan sesudah makan serta sepulang dari bepergian.

Cukum mengkonsumsi air putih

Terjadinya kulit kering dan mudah pecah juga dapat disebabkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh. Untuk itu, mencukupi kebutuhan tubuh akan air sangatlah penting.

Baca juga:

7 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Senam Wajah, Upaya Sederhana Kencangkan Kulit Wajah

Tips Cegah Terjadinya Kanker Serviks

 

Komentar

Loading...