Rio Haryanto Harapkan Bantuan Pemerintah Indonesia

Rio Haryanto Harapkan Bantuan Pemerintah Indonesia

248

Rio-Haryanto-Gagal-Finish-Rosberg-Juarai-Grand-Prix-Australia-

Harianpost.co.id Belum selesainya masalah dana dari pihak Rio Haryanto kepada Manor Racing membuatnya semakin rentan untuk didepak dari tim tersebut. Ia sangat berharap pemerintah bisa menyelesaikan masalah dana yang dihadapinya saat ini agar mampu bertahan hingga akhir musim.

Selama beberapa bulan terakhir, sudah banyak bahasan yang mengindikasikan adanya ancaman kepada pihak Rio bahwa ia tak bisa menyelesaikan pertandingan hingga akhir musim Formula 1 2016. Maklum saja, Rio masih memiliki tanggungan dana terhadap pihak Manor Racing.

Dari awal, Rio memang diharuskan membayar 15 juta euro untuk bisa bergabung dengan Manor guna beraksi di F1. Namun sampai saat ini, pihak Rio sendiri baru membayarkan uang sebesar 8 juta eoru yang artinya ia masih memiliki tunggakan sebesar 7 juta euro kepada Manor.

Jika dalam waktu dekat Rio tak mampu melunasinya, maka ia harus rela mengakhiri petualangannya di F1 sampai seri ke-11. Sampai saat ini, Rio sudah mengikuti 4 seri yang artinya tingga 7 seri terseisa untuknya. Seri terakhir yang akan dijalani apabila terpaksa harus berhenti yaitu saat GP Hungaria 2016, 24 Juli 2016 mendatang.

“Menjadi pembalap Indonesia pertama di F1 adalah berita besar. Sebelumnya, F1 bukan olahraga yang popular di Indonesia. Tapi, sejak pembalap Indonesia di F1, angkanya telah melonjak,” tutur Rio dalam wawancara di situs resmi F1.

“Indonesia sangat nasionalis. Mereka ingin melihat saya mencapai sesuatu. Itulah mengapa mereka mendukung saya. Jujur, saya tak menduga akan ada dukungan besar,” ia menambahkan.

Hingga saat ini memang sudah cukup banyak usaha yang dilakukan untuk penggalangan dana. Pihak pemerintah melalui lima kementriannya yaitu Kemenpora, Kemenkominfo, Kementrian BUMN, Kementrian Sosial dan Kementrian Pariwisata sudah memiliki inisiatif untuk mengumpulkan dana melalui sms donasi. Namun begitu, jumlah yang sekarang terkumpul belum cukupbahkan terlihat masih jauh dari ekspektasi.

Gatot S Dewa Broto selaku Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora menyatakan jika pemerintah sudah merasa pasrah dan hanya bisa mendoakan akan ada pihak–pihak yang terketuk hatinya agar dapat embantu Rio bertahan.

Baca juga:

Rio Haryanto: Saya Banyak Belajar dari Pascal Wehrlein

Sponsor Terganjal Aturan F1, Bagaimana Nasib Rio Haryanto?

Absen di Tes Sirkuit Catalunya, Sinyal Manor Akan Depak Rio Haryanto Makin Kuat

 

Komentar

Loading...