Berita Terbaru MotoGP: Soal Winglet, Ducati Protes ke Honda

Berita Terbaru MotoGP: Soal Winglet, Ducati Protes ke Honda

642

Berita-Terbaru-MotoGP-Soal-Winglet-Ducati-Protes-ke-Honda-

Harianpost.co.id Para pembalap baru–baru ini telah dibuat heboh dengan hadirnya berita soal  penggunaan winglet dalam kelas utama MotoGP. Menanggapi hal tersebut, Honda Racing Corporation justru menginginkan penghapusan winglet dari balapan MotoGP.

Dikutip dari Autoevolution, Ducati sebagai pelopor winglet menganggap Honda tak mendukung teknologi yang mereka usulkan sendiri. Pihak Ducati merasa ini tak adil, karena pihaknya telah mendukung usulan Honda mengenai teknologi seamless untuk perpindahan gigi dengan menggunakannya pada Desmosediki.

Saat ini sebenarnya Honda sudah menggunakan winglet lebih dari enam sirip kecil di bagian fairing kiri dan juga kanan. Namun, pihak Honda merasa tak memiliki efek posistif dengan adanya penggunaan winglet tersebut. Pada RC213V.

“Ketika Honda mengembangkan transmisi seamless, tidak ada yang membantah perubahan besar itu. Bagi mereka, teknologi itu membawa keuntungan di trek dan semuanya menghargai. Kali ini kami ingin meminta cara yang sama,” tegas Kepala Ducati Corse, Gianluigi Dall’Igna.

Kepala Ducati Corse, Dall’Igna menjelaskan jika winglet sendiri sebenarnya telah mengalami pengujian dalam terowongan angin. Ia juga mengatakan bila selama ini tak ada pihak yang menuntut Ducati terkait dengan cedera atau kecelakaan yang disebabkan oleh winglet.

Bagi Ducati, winglet ini membantu pembalap mendapat gaya tekan yang lebih besar di bagian depan saat akselerasi maksimum. Sayap pada fairing meminimalisir efek wheelie karena tidak adanya kontrol dari sofware dalam ECU.

Perdebatan mulai terjadi saat Marquez dan Iannone bersenggolan saat tikungan pertama Grand Prix Argentina beberapa waktu lalu. Ia mengakui bila memang terjadi kontak antara winglet pada Desmosedici dengan punggung Marquez namun hal tersebut sebenarnya tidak sampai mencederai satu sama lain.

Baca juga:

Tak Ingin Satu Tim dengan Rossi, Pedrosa Pilih Bertahan di Honda

Jelang GP Argentina, Valentino Rossi Akui Honda Lebih Unggul Di Sirkuit Termas de Rio Hondo

Honda Kembali Jegal Yamaha, Dhani Pedrosa Rajai Kualifikasi Malaysia

 

Komentar

Loading...