4 Tips Menghilangkan Jerawat Yang Meradang

4 Tips Menghilangkan Jerawat Yang Meradang

755

Tips-Merawat-Wajah-Berminyak-Dengan-Cepat-dan-Mudah

Harianpost.co.id Selain karena akibat hormon, jerawat yang timbul pada wanita juga bisa disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan atau merawat kulit secara maksimal. Jerawat yang muncul tersebut berisi lemak sisa yang tidak bisa keluar secara maksimal. Namun, tak semua isi dalam jerawat dapat dikeluarkan. Banyak kasus yang terjadi justru jerawat menjadi meradang di permukaan kulit.

Jenis jerawat yang  meradang tersebut bernama Cysticacne. Untuk mengobati jenis jerawat tersebut harus menggunakan cara khusu karena jerawat tersebut tak mampu menghilang dengan sendirinya.

Dikutip dari laman Webmd, jerawat Cysticacne akan mempengaruhi area kulit luar sekaligus dalam. Isi dari jerawat tersebut akan tumbuh ke dalam sehingga meneyebabkan peradangan. Selain itu, pengaruh terhadap kulit luar juga akan dirasakan dengan timbulnya benjolan berwarna merah.

Sedangkan berdasarkan beberapa penjelasan dari pakar kecantikan, timbulnya jerawat ini karena adanya penyumbatan pori–pori yang ditambah dengan sel–sel kulit mati yang tak terangkat secara menyeluruh. Banyak kejadian pula yang mengungkapkan bahwa pori–pori yang tersumbat tersebut dikelilingi oleh bakteri sehingga menyebabkan permukaan jerawat menjadi merah dan bengkak.

Cystic acne sendiri merupakan jenis jerawat yang sulit untuk ditangani karena tumbuh jauh di permukaan kulit bagian dalam. Walaupun begitu, timbulnya jerawat jenis ini dapat dihindari dengan menjaga kebersihan wajah setiap hari dengan beberapa langkah seperti yang dikutip dari laman Bustle, Minggu (22/5/2016).

  1. Masker madu

Kelembaban kulit dapat diperoleh salah satunya dengan pengaplikasian madu. Bekas luka dan jerawat juga dapat disembuhkan dengan madu, karena kandungan antiseptik yang ada di dalamnya. Sehingga, madu juga apat diaplikasikan pada Anda yang memiliki jerawat Cystic acne karena khasiatnya sangat efektif untuk meneyembuhkan bakteri dan juga bekasnya. Dengan rutin melakukan masker wajah, selain akan menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka jerawat, timbulnya jerawat pun akan dapat dihindari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkannya dengan kayu manis. Aplikasikan pada wajah Anda tiga kali dalam satu minggu.

  1. Baking soda dan garam

Jenis jerawat cystic acne juga dapat diperangi dengan menggunakan campuran baking soda dan garam epsom sebagai masker. Cara membuatnya pun cukup sederhana. Anda tinggal mengencerkan baking soda dan garam epsom ke dalam air hangat. Campurkan kedua bahan tersebut sehingga siap untuk dijadikan masker. Setelah selesai, tinggal mengaplikasikannya keseluruh wajah. Tunggu masker tersebut hingga mengering kemudian bilas dengan air hangat. Untuk menapatkan hasil yang makasimal, lakukan treatment tersebut dua kali dalam satu minggu.

  1. Konsumsi vitamin C

Untuk mendapatkan kulit sehat, tak hanya perawatan dari luar yang harus dilakukan. Nyatanya asupan vitamin bagi kulit juga sama pentingnya, terutama vitamin C. Vitamin C tersebut ampuh untuk memerangi timbulnya jerawat. Racun dalam tubuh yang bisa memicu timbulnya jerawat dapat dikeluarkan jika Anda rutin minum minuman yang mengandung vitamin C. Selain itu, vitamin C juga mampu meningkatkan imunitas Anda. Dengan begitu Anda  bisa meminimalisir terserang penyakit terutama flu.

  1. Kompres dengan es batu

Mungkin ketiga langkah tadi merupakan langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar timbulnya jerawat cystic acne dapat diminimalisir. Namun jika jenis jerawat tersebut terlanjur timbul di wajah Anda, maka pengompresan dengan menggunakan es batu dapat Anda lakukan. Es batu bisa meredakan warna kemerahan dan juga bengkak pada permukaan kulit.

Baca juga:

Bahaya! Jerawat Jangan Dipencet

Tips Alami Menghilangkan Flek Hitam Akibat Jerawat

5 Makanan Pemicu Munculnya Jerawat pada Tubuh

 

Komentar

Loading...