GP Italia: Dugaan Penyebab Motor Valentino Rossi Berasap Mulai Bermunculan

GP Italia: Dugaan Penyebab Motor Valentino Rossi Berasap Mulai Bermunculan

356
Valentino Rossi
Valentino Rossi

Harianpost.co.id Ambisi Valentino Rossi untuk mendapatkan gelar juara di seri MotoGP Mugello kandas sudah. Pasalnya, Yamaha YZR M1 yang dikendarainya mengalami kendala mesin yang mengharuskan Rossi untuk keluar lintasan sebelum balapan usai.

Banyak pihak yang mempertanyakan penyebab keluarnya asap dari motor yang ditunggangi oleh ‘The Doctor’. Menurut Rossi sendiri, insiden ini berawal dari kopling.

“Di lap enam, motor mulai bermasalah dan kopling tidak mau terbuka, mungkin karena mesin sudah mulai sedikit seize. Itulah mengapa saya melebar. Tapi dalam tujuh hingga delapan tikungan saya sudah ada di belakang Lorenzo lagi karena saya sedikit lebih cepat, tapi setelah itu mesin pecah,” ujar Rossi, dikutip dari Crash, Senin (23/5/2016).

Engine seize sendiri merupakan keadaan dimana beberapa bagian mesin kehilangan pelumas dan antar bagian mesin mulai terkikis. Keadaan tersebut terjadi karena adanya gesekan, panas ataupun kegagalan mekanis. dengan kondisi ini, mesin akan berhenti berputar.

Dikutip dari majalah gasenginemagazine, terjadinya engine seize bisa karena karat, panas berlebih, tidak bekerja maksimalnya oli hingga adanya benda asing di dalam silinder.

Sumber lain menyebutkan jika penyebab kegagalan Rossi tersebut ada sangkut pautnya dengan kesalahan yang dibuat oleh mekanik Yamaha Movistar. Pasalnya, permasalahan mesin juga terjadi pada motor yang dikendarai Jorge Lorenzo saat melakukan pemanasan.

Namun demikian, pada saat pertandingan berlangsung, Lorenzo justru berhasil menduduki podium utama dan berhasil mengalahkan pembalap lain seperti Marc Marquez dan Andrea Iannone.

“Saya pikir kedua mesin sama-sama ada yang bermasalah. Tapi perbedaannya adalah masalah yang dialami Lorenzo terjadi di sesi pemanasan, sementara saya terjadi saat balap,” ucap pembalap kelahiran 1979 di Urbino, Italia ini.

Baca juga:

MotoGP Italia: Yamaha Masih Selidiki Penyebab Insiden Valentino Rossi

Valentino Rossi: Gagal Finish di ‘Rumah’ Sendiri, Sangat Memalukan!

Tampil di Kandang Sendiri, Valentino Rossi Raih Pole Position

 

Komentar

Loading...