5 Cara Atasi Kinerja Smartphone Android yang ‘Lemot’

5 Cara Atasi Kinerja Smartphone Android yang ‘Lemot’

212

Spesifikasi-dan-Harga-Tablet-Android-Nokia-N1

Harianpost.co.id Banyak dari pengguna smartphone yang mengeluhkan bahwa ponsel pintar yang mereka miliki lambat laun semakin lambat dalam merespon alias lemot. Hal tersebut sebenarnya adalah hal yang lumrah terjadi, apalagi jika ponsel tersebut sudah lama dipakai. Pembaharuan sistem operasi terkadang juga tidak memberikan dampak yang signifikan.

Namun, Anda tak perlu kuatir dengan permasalahn tersebut. Dikutip dari Android Authority, Selasa (24/5/2016), berikut merupakan cara yang bisa digunakan untuk ‘menyelamatkan’ kinerja ponsel pintar Anda.

  1. Hapus dan nonaktifkan aplikasi yang tak penting

Banyak dari pengguna yang menggunakan banyak aplikasi di smartphone-nya. Sebelum meng-install, para pengguna tersebut mungkin tak banyak berpikir tentang kegunaan serta tingkat kepentingan dari aplikasi yang diinstall. Untuk mengurangi beban ponsel Anda, tak ada salahnya untuk meninggalkan aplikasi–aplikasi yang tak terpakai tersebut.

  1. Bersihkan chace data

Chace data dapat memperberat penyimpanan internal smatphone Anda. Untuk itu, membersihkan chace secara rutin akan membantu kinerja ponsel Anda. Anda bisa menggunakan aplikasi manajer atau aplikasi pembersih chace yang terdapat di Google Play Store.

  1. Bersihkan ruang penyimpan internal

Jika Anda memiliki banyak file lagu, video dan juga file lain, maka perlu memastikan penyimpanan dilakukan pada memori eksternal. Jika masih terdapat sisa file di memori internal, maka jangan lupa untuk selalu membersihkan ruang penyimpanan Anda. Karena jika tidak, maka akan mempengaruhi kinerja ponsel Anda. Untuk itu, perlu diperhatikan pemakaian memori internal sebaiknya hanya untuk file yang benar–benar penting.

  1. Singkirkan widget

Tampilan smartphone akan lebih indah dengan hadirnya widget. Namun sayangnya, widget juga bisa mengurangi kinerja ponsel Anda. Sebab, mampu mengambil paket data dan terus mencari update.

  1. Singkirkan live wallpaper

Denagn hadirnya live wallpaper, tentu ponsel Anda akan kelihatan lebih keren dan juga menarik. Namun, perlu diketahui bahwa penggunaan live wallpaper akan mempengaruhi performa dan juga menghabiskan baterai ponsel Anda.

Baca juga:

Bocoran Android N di Google I/O 2016

Cara Menggunakan Google Translate di WhatsApp Versi Android

Seru! Game Angry Birds Action Kini Tersedia di Android dan iOS

 

Komentar

Loading...