Pandemic Emergency Financing Facility, Lembaga Bentukan Bank Dunia Untuk Cegah Pandemi

Pandemic Emergency Financing Facility, Lembaga Bentukan Bank Dunia Untuk Cegah Pandemi

198

Pandemic-Emergency-Financing-Facility-Lembaga-Bentukan-Bank-Dunia-Untuk-Cegah-Pandemi

Harianpost.co.id Pandemic Emergency Financing Facility (PEF), sebuah lembaga yang sengaja dibentuk oleh World Bank Group guna melindungi dunia dari pandemi penyakit berbahaya. Dibentuknya lembaga ini sebenarnya lebih dikhususkan untuk melindungi negara–negara miskin di dunia.

Dilansir dari laman worldbank.org, Senin (23/5/2016), PEF akan berdiri sebagai pertahanan dari berbagai ancaman pandemi. Untuk membiayai lembaga tersebut, kabarnya Jepang rela menggelontorkan uang dengan jumlah US$ 50 juta.

“Pemerintah Jepang sangat bangga untuk mendukung berdirinya Pandemic Emergency Financing Facility. Lembaga ini nantinya dapat mencegah penyakit pandemi untuk berkembang dan menghambat kemajuan pembangunan,” ungkap Deputi Perdana Menteri dan Menteri Keuangan Jepang Taro Aso.

Jim Yong Kim selaku Presiden World Bank Group mengatakan jika penyakit pandemi tersebut telah memberikan berbagai ancaman bagi masyarakat dunia. Dengan merebaknya penyakit pandemi tersebut, kehidupan orang banyak dan juga pereknomian akan ikut terimbas.

Seminggu setelah pertemuan G7 di Jepang beberapa waktu yang alu, lembaga ini secara resmi telah disahkan. Pada saat pertemuan di Schloss-Elmau, Jerman, kepala pemerintahan dari negara G7 terus memaksa World Bank untuk segera mengesahkan lembaga tersebut.

Dengan segala fasilitas yang dimiliki oleh PEF, sangat diharapkan mampu menghalau percepatan dari penyakit pandemi yang menyerang dunia. PEF sendiri juga berkolaborasi dengan badan kesehatan milik PBB, Wold Health Organization dan juga beberapa badan milik swasta.

Diharapkan dengan semakin berkembangkangnya PEF, suatu saat akan mampu mengeluarkan biaya tanggungan asuransi kesehatan bagi masyarakat di negara–negara miskin dunia. Biaya tanggungan tersebut dapat menggantikan biaya pengobatan yang ditimbulkan dari terjangkitnya penyakit pandemi seperti Ebola, SARS dan juga influenza.

Baca juga:

10 Perusahaan Teknologi yang Cocok Jadi Tempat Kerja

10 Orang Terkaya di Bidang Teknologi 2016

10 Pemain Sepak Bola Terkaya di Dunia

 

Komentar

Loading...