Berita Terbaru Rio Haryanto: Nasib Rio di F1 Ditentukan 10 Hari Kedepan

Berita Terbaru Rio Haryanto: Nasib Rio di F1 Ditentukan 10 Hari Kedepan

335
Foto Rio Haryanto
Foto Rio Haryanto

Harianpost.co.id Nasib Rio Haryanto, pembalap Formula 1 asal Indonesia, ditentukan 10 hari lagi. Semakin mepetnya waktu tenggang pelunasan utang Rio sebesar 7 juta euro kepada Manor Racing membuat nasibnya kian terkatung–katung.

Informasi tersebut dinyatakan oleh Gatot S. Dewabroto selaku Deputi IV Kemetrian Pemuda dan Olahraga saat ditemui bertepatan dengan penjemputan Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (23/5/2016) lalu. Gatot juga menyatakan jika pihak Rio tak mampu melunasinya, maka sudah dipastikan petualangan Rio di F1 akan berhenti di race ke-11 mendatang.

Seperti yang sudah deberitakan sebelumnya, Rio Haryanto memiliki kewajiban untuk membayar 15 juta euro kepada Manor Racing sebagai syarat mengikuti Formula 1 2016. Akan tetapi, dari total yang harus dibayarkan tersebut, Rio masih punya tunggakan sebanyak 7 juta euro, sebab pihaknya baru membayarkan uang sebanyak 8 juta euro.

Pihak Manor sendiri kemudian memberikan tenggang waktu selama 10 hari kedepan atau sekitar sampai akhir Mei untuk bisa melunasi utang tersebut. Jika tidak, maka sudah dapat dipastikan Manor akan mencopot Rio dari daftar pembalap mereka.

Gatot menyatakan jika berbagai usaha telah dilakukan untuk bisa membantu Rio melunasi hutang tersebut. Namun, sampai saat ini biaya yang terkumpul nyatanya belum mencukupi dan terlihat masih jauh dari target yang harus dicapai.

“APBN kemungkinan hanya Rp 5 miliar dari Kementrian Pariwisata. Kalau dari Kemenpora tidak mungkin. Terus kalau dari sms donasi, seminggu yang lalu saya dapat kabar dana baru terkumpul Rp 87 juta,” ujar Gatot.

Gatot juga menyatakan jika pihaknya telah meminta pada pihak Manor untuk tidak segera menerbitkan nama pembalap pengganti Rio. Itu dimaksudkan agar Rio tak merasa terbebani dan secara spikologis tak mengganggu perasaannya. Rio harus tetap menampilkan potensi yang dia miliki sampai akhir.

Baca juga:

Rio Haryanto: Saya Serahkan Penggalangan Dana ke Pihak Manajemen

Rio Haryanto Harapkan Bantuan Pemerintah Indonesia

Rio Haryanto: Saya Banyak Belajar dari Pascal Wehrlein

 

Komentar

Loading...