Mandi Terlalu Sering? Ini Bahayanya!

Mandi Terlalu Sering? Ini Bahayanya!

157

Mandi-Terlalu-Sering-Ini-Bahayanya

Harianpost.co.id Anda tergolong orang yang malas mandi? Atau mungkin justru maniak mandi? Untuk sebagian orang, mandi merupakan aktifitas yang membuang–membuang waktu dan malas sehingga menimbulkan rasa malas untuk melakukannya. Namun untuk sebagian orang lainnya, mandi merupakan kegiatan wajib untuk menjaga kebersihan badannya.

Dr.Elaine Larson, selaku dokter ahli penyakit menular dari Columbia University School of Nursing mengatakan jika mandi sebenarnya hanya sebagian besar untuk alasan estetika saja. Ia juga menambahkan jika banyak orang berpikir mandi hanya untuk kepentingan kebersihan saja. Namun bagi dr Elaine sendiri, mandi bukanlah hal penting dan tak berdampak apaun.

Dilansir dari Time.com, Senin (23/5/2016), penelitian yang dilakukan oleh Larson menunjukkan hasil bahwa sabun antibakteri atau produk pembersih tubuh sejenis yang biasanya digunakan untuk mandi, tidak menjamin Anda untuk terhindar dari bahaya berbagai penyakit menular. Menurut larson, mandi hanya merupakan perlindungan pertama pada bakteri penyebab penyakit menular.

Apabila setelah mandi kemudian Anda pergi berkatifitas, maka perlindungan yang terkandung dalam sabun akan mulai memudar. Namun begitu, Larson juga mendukung pernyataan jika dengan mandi, Anda akan erlihat lebih bersih, segar dan juga wangi.

Menurut Larson, cara yang paling efektif untuk terhindar dari penyakit dan kontaminasi bakteri adalah dengan cuci tangan secara teratur, bukan dengan seringnya mandi. Mandi secara berlebihan justru dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan kulit bagi Anda, seperti kulit kering dan pecah-pecah.

Pernyataan dari Larson tersebut juga didukung oleh Dr C. Brandon Mitchell, seorang asisten profesor dermatologi dari Universitas George Washington. Dr Mitchell menyatakan jika mandi terlalu sering akan menghilangkan lapisan minyak alami pada tubuh. Sedangkan minyak alami itu sendiri berguna untuk membantu tubuh manusia untuk menangkal bakteri agar penyakit menular tak menyerang Anda.

Baca juga:

Tips Cegah Kulit Kering dan Pecah-Pecah

5 Kebiasaan Buruk yang Dilakukan Setelah Pukul 7 Malam

Cara Mengatasi Jamur Kuku dengan Cuka

 

Komentar

Loading...