5 Makanan Ini Dapat Atasi Sakit Perut Anda

5 Makanan Ini Dapat Atasi Sakit Perut Anda

319

Tips-Makanan-Sehat-di-Pagi-Hari

Harianpost.co.id Sakit pada bagian perut entah itu rasa kram, mual atau diare terkadang membuat Anda untuk kesulitan menerima sembarangan jenis makanan. Saat Anda berada dalam keadaan seperti itu, mungkin mengkonsumsi biskuit atau cracker merupakan pilihan tepat untuk mengganjal perut yang diserang rasa sakit tersebut.

Namun jika Anda bosan dengan makanan tersebut, maka bisa pula mencoba beberapa jenis makanan yang telah berhasil dikutip dari laman Shape, Jumat (27/5/2016) berikut.

  1. Pisang

Kandungan pektin dalam pisang dipercaya akan membantu proses pembuangan secara lebih baik. Jenis buah ini nyatanya sangat efektif dikonsumsi saat perut dilanda sakit. Selain meredakan rasa sakit, pisang juga mampu memberikan energi lebih untuk tubuh. Selain itu, teksturnya yang mudah dicerna juga tak akan mengganggu perut.

  1. Pepaya

Mengkonsumsi pepaya akan lebih muah mendorong pencernaan, meredakan gangguan pencernaan serta mampu mengatasi sembelit. Kandungan enzim papain dan chymopapain di dalam buah ini nyatanya akan membantu memecahkan protein dan mamupu menenangkan perut dari konisi asam.

  1. Nasi

Ketika perut terasa tak nyaman, nasi akan membantu penyerapan air lebih mudah sehingga meringankan diare.

  1. Jahe

Jahe selama ini memnag dipercaya ampuh sebagai obat anti-mual. Selain itu, jahe juga mampu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Walaupun begitu, dalam mengkonsumsinya, perlu juga melihat batas rekomendasi yang dianjurkan. Menurut para ahli, batas rekomendasi yang dianjurkan untuk mengkonsumsi jahe yaitu sebanyak 4 gram tiap harinya. Cara penyajiannya pun juga mudah, Anda hanya perlu mengunyahnya atau mengubah dalam bentuk minuman hangat.

  1. Teh

Sakit perut dapat pula diatasi dengan mengkonsumsi teh, terutama teh varian peppermint dan juga chamomile. Kedua varian ini dipercaya memiliki sifat baik dalam proses penyembuhan rasa sakit pada perut. Sebuah studi mengungkapkan bahwa apeermint dapat mengaktifkan saluran antipain di usus besar dan juga mampu membantu mengurangi rasa mual. Sedangkan untuk chamomile sendiri menurut beberapa penelitian terdahulu juga mampu meredakan segala rasa sakit di perut.

Baca juga:

5 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit

4 Makanan Ini Bisa Redakan Pusing Anda

10 Makanan Ini Ternyata Dapat Timbulkan Bau Badan dan Bau Mulut

 

Komentar

Loading...