Movistar Yamaha: Ini Penyebab Meledaknya Motor Valentino Rossi

Movistar Yamaha: Ini Penyebab Meledaknya Motor Valentino Rossi

843
Valentino Rossi
Valentino Rossi

Harianpost.co.id Setelah melakukan penyelidikan tentang penyebab meledaknya mesin motor Valentino Rossi, tim Movistar Yamaha akhirnya mengungkapkan sebuah dugaan sementara.

Kesalahan setelan yang dilakukan oleh tim mekanik diduga kuat sebagai penyebab meledaknya mesin motor Rossi di lap ke-9 Sirkuit Mugello pada MotoGP Italia, Minggu (22/5/2016) lalu. Para mekanik diduga telah memodifikasi mesin terlalu ekstrim untuk mendapatkan putaran mesin yang tinggi.

Seperti yang dilansir dari Motosport, motor memang akan melaju lebih kencang dengan putaran yang tinggi, namun kondisi trek lurus Mugello yang bergelombang akan membuat mesin cepat jebol.

Saat ban kehilangan grip, ban belakang akan dapat berputar hingga 380 km per jam. Keadaan tersebut akan menyiksa mesin karena putaran mesin akan bertambah tiap menitnya.

“Ditambah dengan ECU yang terbatas, itu turut memicu matinya pengapian di mesin,” ujar seorang sumber di Yamaha seperti dilansir Motorsport.

Seperti yang telah diketahui, selain Rossi, Jorge Lorenzo juga mengalami hal serupa. Yang membedakan, Lorenzo agaknya lebih beruntung dibandinge dengan Rossi karena kerusakan mesin terjadi saat ia masih di sesi pemanasan.

Walaupun demikian, pihak Yamaha sendiri masih belum membeberkan secara pasti penyebab kegagalan Rossi yang lalu. Semua pemaparan yang ada baru sekedar dugaan semata.

“Perlu diingat, Rossi juga terus menggeber motornya kejar Lorenzo di 9 lap awal. Itu membuat dia kesulitan dinginkan mesin,” ujar sumber lain di Yamaha.

Dugaan bahwa Rossi telah memaksa motornya juga dapat diperoleh dari bukti lain yaitu kecepatan puncak di balapan. Saat balapan tersebut, Rossi sudah menorehkan top speed 343,2 km/jam di lap ke-7. Sampai lap ke-9, ia berhasil kalahkan top speed Lorenzo sebanyak 5 kali. Sedangkan Lorenzo sendiri baru mencapai top speed di lap ke-22 dengan 340,9 km/jam.

Baca juga:

Vinales Optimis Ambil Alih Motor Yamaha Usai Pakai Suzuki

MotoGP Italia: Yamaha Masih Selidiki Penyebab Insiden Valentino Rossi

Berita Terbaru MotoGP: Ini Alasan Yamaha Gandengkan Vinales dengan Rossi

 

Komentar

Loading...