Microsoft Tak Lagi ‘Fokus’ ke Windows Phone?

Microsoft Tak Lagi ‘Fokus’ ke Windows Phone?

268

Spesifikasi-dan-Harga-Microsoft-Lumia-940

Harianpost.co.id Windows Phone diakui oleh pihak Microsoft bukanlan menjadi fokus utama bagi perusahaan itu lagi. Walaupun begitu, bukan berarti Microsoft akan serta merta melupakan lini bisnis perangkat smartphonenya tersebut.

Anthonius Henricus selaku Developer and Evangelism Director Microsoft Indonesia mengatakan jika pihaknya kini ingin lebih memberdayakan para developer dan produktifitas pengguna Windows, sehingga Microsoft akan lebih fokus ke pengembangan aplikasi. Hal tersebut diungkapkan Anthonius saat melakukan sesi konferensi pers di Microsoft Developers Festival di Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, kamis (26/5/2016) lalu.

“Kita bukan perusahaan device maupun produsen smartphone saja. Kita lihat, banyak orang kini membawa lebih dari satu device dan memiliki sistem operasi yang berbeda,” kata Anthonius yang dikutip dari Liputan6.com.

Satya Nadella selaku CEO Microsoft juga mengatakan bahwa kini bukan lagi zaman di mana para vendor menciptakan perangkat yang mobile. Pernyataan tersebut terlontar saat sesi keynote speech yang berlangsung di Microsoft Developer Festival.

Nadella juga menambahkan jika saat ini merupakan waktu bagi para vendor untuk menciptakan perangkat yang bisa membuat para penggunanya menjadi “mobile people”. Dan untuk mewujudkan hal tersebut, Microsoft telah menciptakan sebuah aplikasi bertema cross platform yang dapat digunakan lntas perangkat.

Kabar akan berakhirnya Windows Phone sebenarnya sudah beredar sejak lama. Keadaan ini juga telah diprediksi karena Windows Phone sendiri terus mengalami tren penurunan

Di kuartal terakhir 2015, telah dilaporkan jika Microsoft hanya berhasil menjual 4,5 juta perangkat Lumia. Jumlah tersebut sangat jauh jika dibandingkan dengan periode sama tahun sebelumnya.pada kuartal tersebut, pihak Microsoft telah berhasil menjual 10,5 juta perangkat Lumia.

Sinyal bahaya bagi kelangsungan Windows Phone jelas tertangkap dari tren penurunan yang terjadi selama beberapa kuartal belakangan. Beberapa pihak bahkan telah meramalkan jika walaupun terjadi peningkatan pendapatan, tak akan mampu menyelamatkan keberlangsungan Windows Phone tersebut.

Jika membandingkan perangkat yang berhasil terjual, Windows Phone ternyata memiliki minat yang paling rendah jika dibanding dua pesaingnya, Android dan iOS. Dua kompetitor berhasil menjual 4,5 miliar perangkat, sedangkan untuk Windows Phone sendiri hanya menjual sebanyak 110 juta perangkat saja. Data terbaru dari IDC juga menyebutkan jika di kuartal terakhir 2015 lalu, terdapat sekitar 400 juta ponsel yangberhasil dijual. Dengan keadaan tersebut, maka jika dipersenkan Microsoft hanya mengantongi sebesar 1,1 persen dari total angka penjualan.

Baca juga:

Menjelajah Ruang dan Waktu dengan “Holoportation”, Teknologi Terbaru Keluaran Microsoft

Spesifikasi dan Harga Microsoft Lumia 940

Kabar Gembira! Nokia Kembali Terjun ke Dunia Ponsel dan Tablet

 

 

Komentar

Loading...