Hati-Hati, 7 Penyakit Ini Siap Intai Anda yang Kurang Jam Tidur

Hati-Hati, 7 Penyakit Ini Siap Intai Anda yang Kurang Jam Tidur

225

Manfaat-Tidur-Siang

Harianpost.co.id Tidur merupakan proses penting bagi tubuh manusia. Saat tidur, seluruh organ akan beristirahat untuk mempersiapkan tubuh menjadi lebih fit keesokan harinya. Jika Anda sering menyepelekan kurangnya jam tidur, mungkin sekarang saatnya untuk berpikir ulang.

Beberapa pakar mengatakan jika Anda kurang tidur, maka akan timbul beberapa masalah fisik, diantaranya mata merah, kurang energi dan juga sakit kepala. Dikutip dari kompas.com, 7 hal ini merupakan akibat yang akan timbul jika Anda kekurangan jam tidur.

  1. Kelelahan fisik dan stres secara mental

Jika Anda kurang tidur, fisik sudah pasti juga akan terganggu karena tidur juga penting untuk mengistirahatkan tubuh secara penuh. Ketika Anda tidur, tubuh akan mulai memproses pembaharuan sel dan juga memperbaiki otot. Saat seperti ini, waktu yang tepat bagi otak untuk mensintesis semua informasi yang telah diterima sepanjang hari. Jika Anda kurang tidur, maka akan mengakibatkan kelelahan seta stres.

  1. Kenaikan berat badan

Akibat kurangnya jam tidur, metabolisme akan mulai melanbat, karena terganggunya proses pencernaan gula yang Anda konsumsi pada saat siang hari. Dengan kurangnya jam tidur yang Anda alami, maka akan membuat Anda sering merasa lapar pada jam – jam tertentu. Hal tersebut terjadi karena tubuh menuntut lebih banyak makanan dari apa yang  dibutuhkan. Apabila hal tersebut dibiarkan secara berkepanjangan, maka kemungkinan untuk terjadinya kenaikan berat badan juga akan semakin meningkat.

  1. Melambatnya kognitif

Seseorang yang kurang tidur bisa memicu terhambatnya kemampuan kognitif pada dirinya dan juga membuat otak tidak bisa bekerja secara maksimal.akibatnya, Anda akan sering merasa lupa dan juga bingung.

  1. Kulit kusam

Orang yang sering kekurangan jam tidur cenderung akan memiliki mata panda atau lingkar mata menjadi hitam serta memicu timbulnya jerawat. Saat Anda ukurang tidur,maka tubuh akan banyak melepaskan hormon kortison, dimana hormon tersebut akan memecah kolagen di kulit. Padahal hormon tersebut bertanggung jawab untuk membuat kulit Anda halus serta bersinar.

  1. Depresi dan gangguan spikologis

Beberapa penelitian menyebutkan jika Anda sering kurang jam tidur, maka akan meningkatkan gangguna psikologis termasuk depresi.

  1. Penyakit kardiovaskular

Hormon stres akan meningkat jika Anda kekurangan jam tidur. Hal ini akan mempengaruhi tubuh Anda termasuk jantung. Hormon stres tersebut dapat merusak pembuluh darah, yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi.

  1. Diabetes

Akibat kurangnya jam tidur, maka metabolisme akan terganggu dan cenderung menurun. Dengan begitu, kemampuan tubuh untuk mencerna gula juga akan berkurang. Akibatnya, diabetes serta obesitas siap mengintai Anda.

Baca juga:

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tidur Tanpa Mengenakan Bra

Efek Kurang Tidur Pada Kesehatan Tubuh

 

Komentar

Loading...