Hamilton Berhasil Duduki Podium Teratas, Rio Haryanto Membaik di Posisi Ke-15

Hamilton Berhasil Duduki Podium Teratas, Rio Haryanto Membaik di Posisi Ke-15

154
Lewis Hamilton
Lewis Hamilton

Harianpost.co.id Hasil Formula 1 GP Monaco yang berlangsung di Sirkuit Monte Carlo, Minggu (29/5/2016) mengukuhkan Lewis Hamilton, seorang pembalap Mercedes sebagai raja podium. Sedangkan untuk pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, harus berbangga dengan posisinya yang hanya mencapai ke-15.

Monaco, yang selama pertandingan telah dibahasi dengan hujan deras, harus ‘dituntun’ Safety Car selama tujuh lap. Baru mencapai satu lap pelepasan, Joylon Palmer, pembalap Renault sudah mengalami insiden. Ia telah menabrak dinding pembatas karena mobilnya yang tak terkontrol saat melintasi medan licin.

Rio, jagoan balap Indonesia tersebut baru memasuki pit di lap ke-11 untuk mengganti ban menjadi intermediate. Hal tersebut menyebabkan posisinya harus melorot ke urutan 19.

Kimi Raikkonen, harus rela berhenti balapan saat mobilnya menabrak dinding pembatas saat melintasi hairpin. Kejadian tersebut terjadi saat memasuki lap ke-12. Akibat insiden tersebut, mobil Ferrari yang dikendarainya harus kehilangan sayap depan akibat terlepas.

Hal serupa juga terjadi pada dua pembalap, Kevin Magnussen dan Daniil Kvyat yang menabrak dinding pembatas. Namun demikian, Magnussen masih bisa meneruskan balapan, sementara Kvyat sendiri harus rela mengakhiri balapan lebih cepat.

Nasib sial juga dialami oleh pembalap Red Bull, Ricciardo. Hal ini lebih disebabkan oleh kesalahan yang dilakukan oleh crewRed Bull Racing sendiri. Pasalnya, saat Ricciardo memasuki pit pada lap ke-32, para crew tersebut belum mempersiapkan ban pengganti. Karena hal tersebut, posisi Ricciardo pun diambil oleh Hamilton.

Rentetan tabrakan dengan didnding pembatas juga dialami oleh Max Verstappen saat balapan memasuki lap ke-35. Hal tersebut terjadi akibat dirinya terlambang mengerem saat akan menyalip Fellipe Massa. Akibat insiden tersebut, ia pun tak berhasil melanjutkan balapan.

Lain lagi dengan dua pembalap Sauber F1 Team, Felipe Nasr dan Marcus Ericsson. Keduanya terlibat tabrakan di tikungan hairpin saat memasuki lap ke-53. Dalam insiden tersebut, untungnya Ericsson masih bisa melanjutkan balapan dan berada didepan Rio, sedangkan Nasr sendiri harus rela terhenti.

Sampai balapan berhenti, tak banyak yang berubah, Hamilton berhasil mengamankan podium pertama di Formula 1 GP Monaco setelah berhasil menjaga jarak dengan Ricciardo.

Baca juga:

Direktur Manor Sayangkan Insiden Rio Haryanto

Insiden Telat Ngerem Rio Haryanto di Monaco Terjadi Saat Sesi Latihan Bebas

Hasil Kualifikasi F1 Monaco: Rio Haryanto Start dari Posisi 19

 

Komentar

Loading...